Tumbuh Bersama Buah

 In News, Uncategorized

Usia pertumbuhan dalam perspektif formal ada dalam periode 0-18 tahun, sebuah masa emas dimana seorang manusia dibangun fondasinya baik secara fisik dan kapasitasnya. Untuk mengoptimalkan pertubuhan di periode ini, maka departemen kesehatan RI merilis anjuran yang terumuskan dalam AKG Harian (Angka Kecukupan Gizi-yang diserap tiap hari). Dalam prakteknya AKG terbagi dalam dua bagian besar yaitu Gizi Makro dan Gizi Mikro. Gizi Makro adalah komponen dasar yang dibutuhkan untuk bergerak dan pertumbuhan. Sedangkan Gizi Mikro, lebih menentukan detail kualitas. berikut di bawah ini adalah tabel AKG sesuai usia pertumbuhan:

Buah-buahan hampir memiliki semua komponen yang tersebutkan di atas baik dalam pemenuhan Gizi Makro maupun Mikro. Kelebihan buah-buahan dibandingkan semua sumber alami lainnya adalah, tak diperlukannya proses pematangan sebelum dikonsumsi. Hal ini menjadi penting, bukan hanya terkait dengan kepraktisan, tapi yang lebih penting adalah kualitas nutrisi gizinya tidak berubah atau berkurang dikarenakan proses pematangan. Disamping itu rasa dan sensasinya memberikan efek menyegarkan dan dapat dikonsumsi dalam keadaan dan waktu yang tak terbatas.

Dibandingkan dengan sumber buatan manusia yang diproduksi pabrikan, maka kelebihannya menjadi lebih menonjol karena tak memiliki dampak negative jangka panjang, karena terjaga dari intervensi yang bersifat sintetis.

Jadi membiasakan konsumsi buah-buahan di masa pertumbuhan bukan hanya langkah cerdas dalam memenuhi kebutuhan secara utuh tapi juga mengajarkan gaya hidup yang lebih relevan dan demi menjaga kualitas hidup di masa depan.

Recent Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.