Your Trusted 24 Hours Brook Service Provider !
Tips Memilih & Menyimpan Buah Jeruk

Tips Memilih & Menyimpan Buah Jeruk

19tips-memilih-menyimpan-buah-jeruk Jeruk atau limau adalah semua tumbuhan berbunga anggota marga Citrus dari suku Rutaceae (jeruk-jerukan). Anggotanya berbentuk pohon dengan buah yang berdaging dengan rasa masam yang segar, meskipun banyak di antara anggotanya yang memiliki rasa manis. Rasa masam berasal dari kandungan asam sitrat yang memang menjadi terkandung pada semua anggotanya. Sunpride sendiri memiliki beberapa jenis jeruk, yaitu Navel Orange (jeruk potong, berkulit orange menyala, tanpa biji), Jeruk Siam Madu (jeruk kupas, berkulit kuning mengkilat, tipis dan permukaan halus), Jeruk Keprok (jeruk kupas, berbentuk bulat pendek atau agak bulat dengan kulit buah berlekuk kedalam), Jeruk Baby (jeruk potong, berkulit hijau dengan sedikit semburat kuning, dinamakan jeruk baby karena air perasan jeruk ini biasa diberikan pada bayi) dan Jeruk Bali atau pomelo (jeruk kupas, berbentuk bulat agak lonjong, kulit tebal lunak berwarna hijau muda atau kuning keemasan). Buah jeruk dikenal sebagai sumber vitamin C yang sangat baik. Selain vitamin C, buah jeruk juga mengandung banyak nutrisi lain untuk mempromosikan antioksidan dalam tubuh guna melawan radikal bebas. Inilah yang menjadi faktor buah jeruk begitu digemari, selain karena rasanya yang nikmat dan menyegarkan. Ketersediaan nutrisi pada buah jeruk tergantung dari segar atau tidaknya buah tersebut ketika dibeli. Selain itu, cara kita memperlakukan/menyimpan buah jeruk juga mempengaruhi kesegarannya. Jangan sampai Anda hanya memperoleh sedikit manfaat buah jeruk hanya karena salah menyimpannya. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang akan membantu Anda memperoleh nutrisi maksimal dari buah jeruk yang akan disimpan :
  • Perlu diketahui bahwa jeruk yang segar memiliki warna cerah, tidak ada kerutan pada bagian kulitnya, memiliki aroma citrus yang kuat, dan memiliki berat yang pas dengan ukurannya. Hindari buah jeruk dengan bintik-bintik.
  • Buah jeruk bisa disimpan di dalam mangkuk untuk kemudian disimpan di rak atau lemari es. Jeruk bisa disimpan dalam suhu kamar selama seminggu atau lebih, tapi kesegarannya akan tahan lebih lama jika ditaruh di dalam lemari es.
  • Sebelum dikonsumsi, cuci buah jeruk dengan air yang mengalir.
  • Simpan buah jeruk di dalam wadah yang longgar/luas dan tempatkan di area yang sejuk. Pasalnya, buah jeruk cenderung mendapatkan infeksi jamur awal ketika disimpan di tempat yang lembab.
  • Selain disimpan sekaligus dengan kulitnya, Anda juga bisa mengupas buah jeruk terlebih dahulu untuk mengambil dagingnya saja untuk disimpan. Caranya, setelah dikupas, tempatkan daging buah jeruk di dalam wadah kedap udara lalu simpan di dalam lemari es untuk mempertahankan kesegarannya.
  • Periksa kondisi jeruk setiap hari selama penyimpanan. Buang bagian dari buah jeruk yang mulai berjamur, memiliki tekstur berlendir, atau menjadi kering dan keriput.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *