Tetap Bugar dengan Jeruk

 In Fruitaholic

Tetap Bugar dengan Jeruk – Hidup di daerah dengan beragam musim, membuat tubuh ikut berupaya dalam adaptasi. Melakukan pola hidup sehat menjadi kunci utama untuk tetap stay healthy bagaimanapun kondisi di lingkungan. Begitulah yang saya hadapi juga. Setelah hidup nomaden yang kemudian menetap di sebuah kota dengan temperatur yang terbilang tinggi, membuat daya tahan tubuh penting untuk diberi solusi terbaik.

Mengkonsumsi buah. Ya, salah satu jalan supaya tetap “waras” (kalimat populer yang saat ini banyak dipakai) dalam menjalani kehidupan. Karena kalau sakit terus, aduh nggak bakalan ada pekerjaan yang bisa diselesaikan. Belum urus anak, suami dan rumah tangga, apalagi me time. Kalau tubuh nggak sehat pasti efeknya kemana-mana, betul nggak? Nah, mengkonsumsi buah secara rutin bisa mencegah setidaknya penangkal yang bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus mengeluarkan biaya banyak.

Salah satu buah yang akrab dan bisa dengan mudah ditemui adalah jeruk. Beragam varian jeruk pun menghiasi dunia buah-buahan saat ini. Namun, tetap saja manfaat jeruk dimana-mana akan tidak ada pernah berbeda.

Anti Oksidan Alami

Siapa sih yang mau kulitnya keriput? Siapa yang mau tampak tua sebelum waktunya? Kalau saya sih pasti jawabannya nggak mau. Lalu, jangan heran ketika bermunculan salon-salon kecantikan bahkan klinik yang hanya fokus pada skin care. Hmm… mereka tidak salah lho ya, hanya saja ketika hanya mempercayakannya pada perawatan tetapi tidak diimbangi dengan asupan nutrisi yang penting untuk menghambat serangan radikal bebas, yaa sama saja bohong (sepanjang pengetahuan saya setidaknya begitu).

Nah, jeruk menjadi buah yang punya kandungan untuk menghambat terjadinya oksidasi pada tubuh, khususnya kulit. Sudah paham kan maksud oksidasi? Kalau sudah memahami berarti nggak bakalan anti dong dengan mengkonsumsi jeruk.

Daya Tahan Tubuh, khususnya pada Anak

Pernah saya dibuat kaget karena bibir anak saya pecah-pecah. Saya kemudian flashback apa yang salah dengan makanannya selama ini. Dan saya menemukan bahwa si kecil kurang mengkonsumsi buah yang kandungannya untuk daya tahan tubuh. Bibir pecah-pecah tidak lain karena asupa nutrisi berupa buah yang kurang. That’s why saya kemudian selalu memantau dan pernah (dalam proses penyembuhan), saya membawa jeruk kemana-mana. Khususnya di tempat-tempat yang menggunakan AC. Jeruk paling manjur untuk membuat si kecil stay healthy meskipun dalam kondisi udara yang sangat dingin. Contohnya di dalam pesawat terbang saat perjalanan dari satu kota ke kota lain. Tidak lagi khawatir akan masuk angin dan sebagainya karena sudah yakin dengan jenis buah yang dikonsumsi.

Membakar Lemak Tubuh

Siapa sangka mengkonsumsi buah jeruk bisa menurunkan berat badan. Ya, asalkan dilakukan dengan rutin dan pola yang pas, lemak tubuh akan terbakar sehingga berat badan bisa berkurang yang tadinya mungkin memang sangat tinggi dikarena hanya berat lemak.

Intinya jeruk bisa sangat berperan dalam menjaga tubuh tetap bugar tanpa harus mengeluarkan biaya pengobatan yang besar. Karena sesuatu yang alami akan lebih menentramkan dibandingkan sesuatu yang bersifat medis dan sintesis. Betul tidak?

Beberapa manfaat jeruk pun ada banyak. Bahkan bisa dijadikan bahan pengobatan untuk penyakit yang sudah diderita, seperti kanker payudara, stroke dan yang lainnya.

Bagaimana Mengkonsumsi Jeruk yang Baik?

Setelah memaparkan manfaat buah jeruk, tentu ada yang bertanya, bagaimana mengkonsumsi jeruk  yang baik? Kalau saya secara pribadi mengkonsumsi jeruk bisa dengan banyak cara. Tetapi lebih sering memakannya langsung tanpa diolah. Karena kandungannya tidak berkurang dan langsung masuk ke dalam tubuh.

Namun, mengkonsumsi jeruk juga bisa dengan membuatnya menjadi smoothies, puding, atau paling kekinian adalah infused water. Perlu juga diperhatikan jenis jeruk yang akan diolah ya, fruitaholic. Karena sepertinya tidak semua bisa langsung dikonsumsi begitu saja.

Well… masih butuh tetap bugar kan? Yuk, konsumsi jeruk selagi masih berlimpah ruah di sekitar kita.

Recommended Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.