Tanam Keseimbangan Nutrisi

 In Lifestyle, News

Jika karnivora adalah pemakan daging dan herbivor adalah pemakan tumbuhan, maka kita adalah omnivora yang ditafsirkan sebagai pemakan segala. Namun bukan berarti kita bisa memakan semaunya. Karena kita dianugerahi kecerdasan, maka alam dibentangkan bukan untuk dinikmati semaunya tapi juga untuk dipahami, agar lebih banyak manfaat yang didapat.

Dari berbagai Literatur popular dirangkum bahwa tubuh manusia membutuhkan tujuh macam nutrisi, yang mana keseimbangan asupannya menjadi fondasi terjaganya kondisi tubuh.

  1. Karbohidrat: Rata-rata berat badan dan aktivitas normal manusia Indonesia membutuhkan 1,500 kal/hari, disarankan hanya 40% yang bersumber dari karbohidrat, setara dengan 1 porsi nasi putih/hari. Untuk menghindari kelebihan karbohidrat agar tak menumpuk menjadi lemak, atau meningkatkan nutrisi, cobalah sumber karbohidrat berserat tinggi untuk lebih mudah kenyang dibandingkan dengan karbohidrat berserat rendah dengan kadar gula tinggi.
  2. Protein: Berguna untuk pertumbuhan dan perbaikan sel.  Tubuh membutuhkan 1gr protein dari setiap 1kg berat tubuh. Jadi protein yang dibutuhkan laki-laki sekitar 55g setiap hari, dan 45g untuk perempuan. Sebagai acuan, 45-55 gram protein setara dengan 1/2 dada ayam. Untuk memerangi penyakit kelebihan protein seperti asam urat hingga kanker, cobalah ganti konsumsi daging merah dengan ayam, ikan, dan jauh lebih baik lagi protein nabati dari kacang-kacangan, biji-bijian, tempe, edamame, dan sayur hijau gelap.
  3. Lemak: sumber energi kaya yang membantu penyerapan Vitamin A, D, E, dan K. Untuk menghindari lemak yang dianggap jahat agar terhindar dari risiko kelebihan kolesterol, obesitas, penyakit pencernaan, kerusakan dinding arteri hingga kanker, cobalah sumber lemak terbaik seperti alpukat, kacang-kacangan, sayur hijau, dan buah-buahan.
  4. Vitamin: memelihara metabolisme dan sel tubuh, sayangnya tubuh kita paling sering kekurangan vitamin karena pemilihan dan cara pengolahan makanan modern. Banyak jenis vitamin yang sangat rentan terhadap suhu sehingga sering kali rusak ketika dimasak dalam suhu tinggi. Salah satu cara yang paling umum untuk memelihara kualitas dan kecukupan vitamin adalah, mengonsumsi buah-buahan dan sayur dalam keadaan segar, tanpa diproses menggunakan pemanasan.
  5. Mineral sangat penting untuk pertumbuhan tulang, rambut, kulit, dan sel darah. Mineral juga meningkat fungsi saraf dan membantu mengubah makanan menjadi energi. Gejala umum dari kekurangan mineral adalah tubuh mudah lelah. Untuk mencukupi kebutuhan mineral bisa didapatkan dari tanaman yang tumbuh dalam tanah seperti jahe, kunyit, wortel, buah bit, kacang-kacangan, kacang mede, dan juga buah serta sayuran berwarna gelap.
  6. Serat tumbuhan: membantu untuk menjaga fungsi sistem pencernaan untuk lebih baik. Serat berguna untuk mencegah konstipasi, ambeien, penyakit hati dan kanker usus besar dan yang paling popular adalah untuk menjaga keseimbangan berat badan. Perbanyak konsumsi sayuran hijau atau jika dalam keadaan yang segar bisa didapat dari buah-buahan, dua yang paling popular adalah nanas dan pepaya.
  7. Air: 65% berat tubuh adalah air. Sangat penting untuk mengisi ulang kadar air dalam tubuh, karena kekurangan air bisa berakibat daya konsentrasi yang lemah, moody, mata kering, darah kental, tekanan darah rendah, sakit batu ginjal dan lainnya. Jagalah kecukupannya dengan meminum air 8 gelas per hari (2-3 liter) atau mengonsumsi buah dan sayur yang memiliki kandungan air tinggi seperti semangka, jeruk dan timun.

Adalah daya kita untuk selalu berusaha mencari sumber nutrisi yang lebih baik, adalah pemahaman terhadap kebutuhan tubuh kita yang menentukan kadar kecukupan, kekurangan dan bahkan kelebihan asupan nutrisi yang dikonsumsi. Karena tanpa menanam nilai keseimbangan dalam memenuhi kebutuhan nutrisi, baik kekurangan maupun kelebihan nutrisi akan membawa konsekuensinya tersendiri. Selamat menikmati keseimbangan nutrisi, selamat memahami kebutuhan tubuh sendiri demi menemukan kapasitasnya yang tertinggi.

Recent Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.