Pusing mikirin berat badan? Lakukan Diet Pisang!

 In Fruitaholic

Mikirin berat badan memang bikin pusing. Mending makan pisang, deh!

Percaya nggak, buah pisang dapat menyembuhkan pusing akibat berat badan tak lagi bisa diajak kompromi! Ngemil buah pisang selain dapat meningkatkan konsentrasi juga efektif jadi buah penurun berat badan.

Penasaran, penasaran?

Memiliki tubuh ideal dambaan setiap manusia. Demi mendapatkan bentuk body yang aduhai, orang tak segan melakukan segala hal. Dari yang membeli produk penurun berat badan berharga mahal, hingga menyakiti diri sendiri menghindari piring makanan meskipun perut terasa sangat melilit.

Dari beberapa literatur yang pernah saya baca, buah pisang memiliki kandungan serat tinggi yang sangat bagus membantu melancarkan pencernaan. Sayangnya belum semua orang Indonesia memahami bahwa pisang dapat juga digunakan sebagai buah diet. Pisang yang buahnya mudah didapatkan dimana-mana ini jika dikonsumsi tidak akan membuat orang jadi gemuk karena tidak ada kandungan lemak dan kolesterol didalamnya.

Awalnya saya tidak menyadari bahwa kandungan buah yang berdaging putih kekuningan ini memiliki manfaat sebagai penurun berat badan. Saya baru sadar setelah terbiasa makan pisang di pagi hari perut terasa kenyang maksimal. Sejak membiasakan sarapan pagi dengan pisang, konsumsi nasi saya menjadi berkurang karena pisang berhasil memperlambat kekosongan perut.

Rupanya Diet Pisang atau istilah lainnya Morning Banana telah menjadi trend di beberapa Negara Asia juga Eropa. Diet Pisang pertama kali dikenalkan oleh seorang berkewaganegaraan Jepang bernama Sumiko Watanabe yang menganjurkan suaminya mengkonsumsi pisang di pagi hari. Rajinnya mengonsumsi buah pisang, berat badan suaminya turun sampai 16 kilogram!

Fruitaholic ingin mencoba melakukan diet pisang? Gak susah kok! Harganya cukup murah, selain itu mudah diolah jadi aneka sajian makanan dan minuman yang lezat.

Buah Pisang memiliki karakteristik kandungan air sebanyak 75%.  Buah pisang juga mengandung Vitamin C, Potassium dan Dietary Fiber yang dapat membantu memperbaiki saluran pencernaan ketika pola makan tidak teratur. Konsumsi buah pisang setiap hari tidak membuat perut lebar karena pisang tidak mengandung lemak, kolesterol atau sodium.

Jika Fruitaholic ingin sukses melakukan diet pisang, cobalah pola menu berikut!

Pola makan Pagi Hari

Saat pagi siapkan teh hangat tanpa gula dan satu biji buah pisang Cavendish.

Buah Pisang Cavendish memiliki ukuran yang pas, tidak terlalu kecil, juga tidak terlalu besar. Tingkat kekenyangannya pun pas di perut.

Dalam satu biji pisang Cavendish ukuran 18 – 20 cm, terdapat kandungan makanan 105 kalori, 14,4 gram gula, 3,1 gram serat, dan 1,3 gram protein yang kombinasinya cocok bagi pelaku diet.

Jika masih terasa lapar, sediakan camilan dari bahan buah pisang. Misalnya dibuat jus atau smothies

Menu makan Siang Hari

Pada siang hari, tubuh sedang membutuhkan banyak energi. Oleh karena itu meski sedang dibawah pengaruh diet ketat, tetaplah jaga kondisi tubuh dengan mengkonsumsi nasi dan sayuran.

Tidak perlu risau memikirkan menu, segala jenis makanan bebas dikonsumsi pada saat makan siang. Tetapi ingat, tetaplah jaga tingkat kekenyangannya. Makan secukupnya saja.

Agar perjalanan diet efektif, lebih baik hindari makanan yang mengandung gorengan juga air yang mengandung es.

Ketika nafsu ngemil melanda, jangan ditahan. Ngemil saja! Karena judulnya sedang diet pisang, ngemilnya juga dengan buah pisang.

Pola makan Malam Hari

Malam hari adalah waktu yang rentan bagi pelaku diet mengkonsumsi makanan. Sebaiknya jagalah waktu saat makan malam. Waktu yang baik untuk makan malam adalah jam 18.00 sampai jam 20.00.

Untuk yang sedang menjalani diet pisang, makanlah satu biji pisang selainnya perbanyak air putih.

Yang perlu diingat lagi, jaga pola makan dan pola tidur. Jangan biasakan makan kemudian tidur. Berikan jeda waktu beberapa jam antara kedua aktivitas tersebut.

Diantara diet-diet yang lain, diet pisang menurut saya paling mudah dilakukan karena pisang adalah buah lokal yang kaya nutrisi. Selain memiliki banyak kandungan gizi, buah pisang juga bermanfaat sebagai buah untuk menurunkan kolesterol, menurunkan tingkat stress, meningkatkan energi, dan meningkatkan daya konsentrasi.

Bagaimana, berani melakukan diet pisang?

 

Recommended Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.