Manisnya Manfaat Pepaya

 In Fruitaholic
pepaya-calina

Kebun Pepaya di Lampung

Pepaya atau Carica papaya L. adalah salah satu buah yang saya gemari. Ketersediaannya yang selalu ada hampir sepanjang tahun membuat buah ini menjadi layak untuk diperhitungkan. Apalagi untuk membudidayakannya juga sangat mudah karena buah pepaya cukup adaptif dengan lingkungan. Mau ditanam di pekarangan atau lahan tegalan, tanaman pepaya cenderung mampu bertahan dan memberikan hasil buah yang melimpah.

Tidak hanya buahnya saja, namun bagian lain dari pepaya juga dapat memberikan manfaat, mulai dari akar, batang, daun, bunga, hingga buahnya itu sendiri. Berikut adalah beberapa manfaat dari tanaman pepaya (dirangkum dari berbagai sumber):

  1. Akar

Saya baru tahu kalau ternyata akar pepaya dapat dimanfaatkan untuk penyembuhan penyakit. Dari sumber yang saya baca menyebutkan bahwa air rebusan akar pepaya dapat diminum sebagai obat cacing kremi, sedangkan sari akarnya dapat diminum untuk pengobatan penyakit ginjal dan kandung kencing. Padahal selama ini jika tanaman pepaya sudah tua dan tidak mampu berproduksi lagi maka pembudidaya akan menebang dan membuang sisanya.

  1. Batang

Batang pepaya tua yang sudah tidak produktif lagi ternyata dapat dimanfaatkan untuk pakan hewan. Caranya adalah dengan memotong bagian batang, kemudian diambil hatinya untuk pakan ternak.

  1. Daun

Meskipun daun pepaya memiliki rasa yang pahit, namun sangat nikmat jika dijadikan santapan baik untuk lalapan mentah atau direbus, maupun dibuat menjadi sayur daun pepaya. Saya paling suka dengan sayur daun pepaya yang dicampurkan dengan ikan teri dan diberi kuah santan kelapa. Rasanya nikmat sekali. Daun pepaya juga termasuk komoditas yang dijual baik di pasar tradisional maupun supermarket. Daun pepaya ini diketahui berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit beri-beri dan membantu penyembuhan malaria.

  1. Bunga

Selain daunnya, bunga pepaya juga nikmat sekali untuk diolah sebagai lauk yang dipadukan dengan ikan teri lalu disangrai dengan bawang dan cabai. Menu ini banyak ditemukan di pedesaan yang memanfaatkan bunga jantan pepaya karena tidak menghasilkan buah. Selain dapat dikonsumsi sebagai lauk, bunga pepaya juga dapat digunakan sebagai hiasan.

  1. Buah

Buah pepaya memiliki tekstur daging yang empuk, termasuk buah yang cukup mengandung air, dan memiliki rasa yang manis. Saat masih belum matang, buah pepaya dapat dimanfaatkan sebagai sayur pepaya yang sering disajikan dengan santan kelapa. Kemudian jika sudah sedikit mengkal (setengah matang) dapat dimanfaatkan sebagai buah rujak. Dan yang paling nikmat adalah mengkonsumsi buah pepaya saat matang, rasanya yang manis memberikan efek kesegaran tersendiri.

pepaya-calina

Pepaya Calina yang baru saja dipanen di Kebun Lampung

Salah satu buah pepaya yang memiliki tekstur daging empuk, rasa manis, dan berbobot kecil sehingga sering dijadikan buah tangan atau oleh-oleh adalah Pepaya Calina. Buah pepaya Calina lebih dikenal dengan nama California daripada Calina itu sendiri. Namun sebenarnya produknya sama saja, hanya penyebutan yang berbeda untuk menarik pasar. Sunpride adalah salah satu brand buah berkualitas yang mulai mengembalikan nama pepaya Calina ke penyebutan aslinya untuk menghormati penemu varietas ini. Pepaya ini merupakan hasil pemuliaan dari Profesor Sriani Sujiprihati yang dapat tumbuh pada ketinggian 300-1000 meter dpl. Kita dapat menemukan Pepaya Calina baik di pasar tradisional maupun supermarket.

Mengkonsumsi buah pepaya dapat menambah asupan gizi karena mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, likopen, kalsium, kalium, dan folat. Vitamin C dan Karoten yang terdapat pada buah pepaya berfungsi untuk mengurangi radikal bebas penyebab kanker.

  1. Getah

Getah pepaya berwarna putih disebut sebagai Papain merupakan bahan yang mengandung enzim proteolitik. Papain sering digunakan untuk melunakkan daging seperti daging kambing atau daging sapi. Caranya sangat mudah yaitu dengan membungkus daging dengan daun pepaya dalam waktu beberapa jam, maka daging tersebut bisa menjadi lunak.

Ternyata begitu banyak manfaat dari tanaman pepaya, tidak hanya manis namun juga bermanfaat secara keseluruhan. Dapat dikatakan jika kita mampu memanfaatkan seluruh bagian tanaman pepaya maka mendukung sekali aksi zero waste yang memang sedang dikampanyekan oleh semua pihak. Selamat mengkonsumsi pepaya.

Sumber Informasi:

BBPP Lembang. 2010. Pepaya: Buah Murah-Kaya Manfaat. http://www.bbpp-lembang.info/index.php/arsip/artikel/artikel-pertanian/564-pepaya-buah-murah-kaya-manfaat [diakses tanggal 22 November 2017].

Cyber Extension. 2017. Pepaya, Murah dan Bermanfaat. http://cybex.pertanian.go.id/materilokalita/detail/13495/pepaya-murah-dan-bermanfaat [diakses tanggal 22 November 2017].

Recommended Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.