Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan Tubuh

 In Fun Fact, Health & Beauty Info

Vitamin C dipercaya memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia. Hal ini diperkuat oleh berbagai macam penelitian yang dilakukan di banyak tempat di seluruh dunia. Manfaat vitamin C berperan sebagai senyawa pembentuk kolagen yang merupakan protein penting penyusun jaringan kulit, tulang, sendi, dan sebagainya. Kandungan vitamin C dapat ditemukan pada buah, sayur dan beberapa makanan lainnya.

Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang larut dalam air. Vitamin ini berperan sangat penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas. Selama ini, jika mendengar vitamin C, kita selalu merujuk pada buah jeruk atau minuman yang berwarna orange. Tapi pada kenyataannya, buah lain yang tidak berwarna orange, seperti jambu biji, pepaya, lemon dan buah kiwi mengandung vitamin C lebih banyak.

Beberapa penelitian memaparkan bahwa manfaat vitamin C dapat menurunkan kadar kolesterol dan dapat memproduksi bahan kimia tertentu pada otak. Tingginya kandungan antioksidan pada vitamin C juga dapat menghancurkan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh. Berikut adalah fungsi dan manfaat vitamin C.

Kanker
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa beberapa wanita yang mengasup banyak vitamin C dari makanan seperti buah-buahan atau sayur (bukan suplemen), memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara.

Memperbaiki kulit
Vitamin C mengandung antioksidan yang banyak yang juga dibutuhkan oleh kulit, di mana antioksidan berfungsi untuk menetralkan radikal bebas yang menumpuk akibat terkena paparan sinar matahari.

Meningkatkan mood
Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan perubahan psikologis. Ini adalah salah satu fungsi vitamin C yang sangat dianjurkan bagi yang sering merasa gelisah, dan sebagainya.

Menurunkan resiko serangan jantung
Vitamin C dapat menghilangkan aterosklerosis yang berada di dalam jantung. Aterosklerosis adalah suatu keadaan dimana arteri jantung menebal dan dapat meningkatkan terjadinya serangan jantung sebab darah menjadi tidak lancar.

Mengontrol tekanan darah
Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian mendadak pada orang yang menderitanya. Mengkonsumsi vitamin C dengan dosis yang dianjurkan secara rutin dapat mengontrol tekanan darah.

Mencegah stroke
Diet tinggi antioksidan yang kaya akan buah dan sayuran dapat membantu menangkal penyakit kardiovaskular. Namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa mereka dengan tingkat tertinggi vitamin C dalam tubuh berada pada risiko terendah untuk menderita stroke (terutama pada wanita).

Mencegah diabetes
Vitamin C mampu untuk menurunkan kadar gula yang terdapat dalam tubuh dan dapat mencegah efek buruk dari diabetes pada penderitanya. Ganti camilan manis dengan buah jeruk atau sumber lainnya yang mengandung vitamin C.

Penyakit Mata
Salah satu penyakit mata yang umum terjadi adalah katarak. Memenuhi kebutuhan konsumsi vitamin C harian dapat membantu mencegah penyakit katarak.

Konsumsi Vitamin C

Tubuh membutuhkan asupan vitamin C secara rutin seperti yang ditetapkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) sebanyak 45 mg sehari, Food Standard Agency di Inggris sebesar 40 mg per hari, dan National Academy of Sciences di Amerika Serikat antara 60 – 95 mg per hari. Dengan jumlah asupan maksimal adalah 2.000 milligram per hari.

Sumber terbaik vitamin C adalah berasal dari buah segar, sayuran dan jus. Setengah cangkir (125 ml) jus jeruk mengandung sekitar 50 mg vitamin C. Selain jeruk, Anda bisa mendapatkan sumber vitamin C lainnya dari kiwi, stroberi, paprika, dan sayuran brassica seperti brokoli dan kubis.

Gejala kekurangan vitamin C biasanya ditandai dengan kehilangan gairah makan, kram otot, kulit kering, rambut bercabang, gusi berdarah, anemia, infeksi, penyembuhan lambat.

Sedangkan kelebihan vitamin ini ditandai dengan diare dan meningkatnya asam lambung. Bila kelebihan terjadi dalam waktu cukup panjang, bisa menimbulkan nyeri saat buang air kecil karena vitamin C keluar dalam bentuk kristal.

Dosis yang diperlukan

Angka asupan vitamin C yang direkomendasikan masih menjadi perdebatan dan bervariasi pada setiap negara. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan hanya cukup 45 mg per hari. Di Inggris sebesar 40 mg per hari, dan Amerika Serikat antara 60 – 95 mg per hari. Asupan yang tepat dapat memebrikan fungsi vitamin C yang maksimal.

Tidak hanya bagi kesehatan tubuh, Vitamin C juga mampu menunjang penampilan Fruitaholic sehari-hari. Jadi jangan ragu untuk selalu mengkonsumsi makanan yang mengadung vitamin ini ya, Fruitaholic.

Recommended Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.