Manfaat Olahraga Panahan Yang Sedang Populer

 In Healthy Lifestyle

Memiliki kesan yang eksklusif memang masih melekat pada olahraga yang mengandalkan konsentrasi tinggi ini. Namun demikian, olahraga ini mendapat respon yang baik dari masyarakat. Olahraga panahan pun dimanfaatkan sebagai terapi untuk anak-anak dan orang dewasa untuk melatih fokus. Dalam panahan, selalu ada target yang harus dibidik. Hal tersebut melatih seseorang untuk membangun fokus dan konsentrasi.

Pada zaman pra-sejarah, manusia sudah mulai menggunakan panah sebagai alat berburu mereka. Namun, sampai saat ini belum ada yang mengetahui dengan pasti sejak kapan panah mulai digunakan.

Tak hanya sebagai alat berburu, pada saat itu alat panahan juga sudah digunakan sebagai senjata perang setiap bangsa yang ada yang hingga saat ini masih ada suku-suku primitif yang menggunakan busur dan panah dalam mempertahankan kehidupannya seperti suku Irian di Papua, suku Veda di pedalaman Sri Lanka, suku negro di afrika dan lainnya.

Pada saat ini, olahraga panahan dapat menjadi olahraga yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Berikut manfaat dari olahraga panahan:

1. Melatih Keseimbangan
Olahraga panahan melatih kerja otak serta otot untuk sama-sama bekerjasama. Otak akan mengirim tanda pada otot untuk melindungi keseimbangan tubuh agar tidak meleset ketika bakal melepas anak panah.

2. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri serta Pikiran Positif

Olahraga panahan juga dapat menumbuhkan rasa percaya diri. Untuk menumbuhkan percaya diri diperlukan pikiran yang positif. Keduanya akan  saling melengkapi.  Percaya diri yang kuat serta memikirkan positif yang baik, akan membentuk pribadi yang kuat dan positif. Oleh karena itu olah raga memanah dapat mempengaruhi kehidupan sesehari.

3. Melatih koordinasi

Olahraga panahan memerlukan koordinasi antara anak panah, mata, core dan upper body, serta tangan harus terkoordinasi pada semua bagian tubuh. Karena itulah, olahraga panahan dapat melatih koordinasi tubuh.

4. .Melatih fokus dan daya tahan

Posisi terbaik dilatih pada olahraga ini untuk memanah target yang sudah ditentukan. Dengan memanah, otak dilatih untuk fokus mencapai target. Dalam hal ini, bagian lobus frontal otak yang dioptimalkan. Semakin lama bagian otak ini dilatih, makin bikin kita lebih mudah untuk berkonsentrasi.

5. .Menghilangkan stres

Saat melepaskan anak panah, melihat anak panah tersebut melayang, dan saat anak panah tersebut mencapai target, bisa menjadi penghilang stres tersendiri loh, Fruitaholic.

6. Melatih Emosi

Saat Fruitaholic dalam keadaan emosi, akurasi saat memanah juga akan berpengaruh. Olahraga ini sangat memerlukan konsentrasi akan keseimbangan tubuh. Olahraga memanah secara tidak langsung dapat melatih dan menstabilkan emosi agar lebih tenang dalam menghadapi masalah.

Selamat mencoba olahraga panahan, Fruitaholic.

Recent Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.