Manfaat Mangan Pada Nanas Bagi Tubuh Manusia

 In Health & Beauty Info

Fruitaholic mungkin masih asing dengan “Mangan” atau “Manganese”, tapi tentu tahu buah Nanas. Mangan yang terdapat dalam buah Nanas, merupakan mineral alami yang sebenarnya juga diproduksi tubuh hanya saja dalam jumlah kecil. Mangan merupakan suatu senyawa enzim oksida dismutase yang super biasanya terdapat pada beberapa jaringan penting di dalam tubuh, seperti tulang, ginjal, hati, dan pankreas. Mangan juga merupakan zat antioksidan kuat yang mampu mengeluarkan radikal bebas dar dalam tubuh.

Tubuh manusia membutuhkan asupan mangan dalam kadar tertentu secara rutin dan teratur setiap harinya. Orang dewasa membutuhkan kadar mangan sekitar 15-20 miligram. Kadar kebutuhannya yang sangat sedikit membuat kita dengan mudah untuk memenuhinya, di mana kandungan mangan dapat diperoleh dari berbagai makanan yang bisa dikonsumsi setiap hari.

Walaupun tubuh manusia hanya membutuhkan sedikit Mangan, namun manfaatnya sangat besar seperti berikut:

1. Menangkal Radikal Bebas

Mangan memiliki fungsi sebagai antioksidan di dalam tubuh yang bisa menyebabkan kerusakan sel. Selain itu, radikal bebas juga bisa saja memicu adanya kanker dan penyakit berat lainnya.

2. Tingkat gula

Mangan juga telah menunjukkan efisiensinya mengendalikan tingkat gula dalam darah. Hal ini lebih lanjut dapat mencegah terjadinya penyakit tertentu seperti diabetes. Untuk mengontrol tingkat gula dalam darah, mangan bekerja dengan menormalkan sintesis dan sekresi insulin.

3.Membantu Penyerapan Vitamin

Sebagaimana telah tersirat dari penjelasan pada poin 3, maka mangan juga bisa dikatakan memiliki fungsi untuk membantu penyerapan vitamin di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan mangan yang memiliki peran dalam reaksi enzimatik yang diperlukan untuk menyerap dan memanfaatkan vitamin yang diambil dari makanan. Apalagi mangan merupakan salah satu kofaktor yang paling serbaguna untuk reaksi enzimatik.

4. Mencegah Osteoporosis 

Suplemen mangan yang terkait mencegah osteoporosis dan sindrom osteoarthritis, karena merupakan mineral penting yang telah terbukti menambah kepadatan tulang dan kepadatan mineral secara keseluruhan.

5. Untuk kekuatan tulang.

Mineral ini sangat diperlukan oleh tubuh terutama tulang belakang. Mencukupi kebutuhan mangan harian dikaitkan dengan meningkatnya kekuatan tulang seseorang. Mineral ini merupakan kontributor utama dalam mencegah pengeroposan tulang terkait usia.

6. Otak dan sistem saraf 

Mangan sangat penting untuk kesehatan fungsi otak dan juga digunakan untuk mengobati gangguan saraf tertentu. Hal ini kemungkinan besar disebabkan karena adanya superoksida dismutase, yang melunturkan radikal bebas di seluruh tubuh termasuk jalur saraf.

7. Metabolisme glukosa 

Mangan membantu mengatur metabolisme glukosa dalam tubuh manusia. Ini adalah salah satu manfaat yang paling penting untuk menyediakan sumber kekuatan tubuh yang tepat untuk bagian yang berbeda. Ketika glukosa diserap dan dimanfaatkandengan benar oleh sistem organ dan otot, maka hanya ada sedikit kesempatan kelebihan penumpukan, yang berbahaya bagi diabetes. Pengelolaan diabetes yang baik pasti dibantu dengan tingkat kadar mangan yang tepat dalam tubuh.

Source: http://www.manfaatcaramengatasi.com

Recent Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.