Manfaat dan Jenis-jenis Buah Naga

 In Fun Fact

funfact_buahnaga

Saat ini buah naga bisa dengan mudah kita dapatkan, buah yang satu ini bisa dengan mudah didapatkan di supermarket, pasar tradisional. Tapi tahukah Fruitaholic bahwa buah naga memiliki jenis yang beragam?

Buah naga (Inggris: pitaya) adalah buah dari beberapa jenis kaktus-kaktusan dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Tepatnya, buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Namun, seiring dengan khasiat buah naga yang makin terkenal, buah ini sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia, dan Malaysia. Buah ini juga dapat ditemui di Okinawa, Israel, Australia utara dan Tiongkok selatan.

Jenis Buah Naga
1. Buah Naga Merah
Buah naga merah dibedakan dari warna dagingnya yang berwarna merah. Buah naga merah konon paling dominan di antara buah naga lainnya karena memiliki aroma fruity ketimbang sweety serta memiliki rasa yang manis. Secara garis besar manfaat buah naga merupakan penghilang rasa dahaga yang memilki kandungan air yang sangat tinggi hingga 91% dari berat total daging buah naga.

Manfaat buah naga merah adalah untuk menjaga kesehatan tubuh terutama tulang dan gigi karena mengandung kalsium dan fosfor. Dengan mengkonsumsi buah naga secara teratur, kita bisa bebas dari masalah gigi keropos dan osteoporosis. Selain itu, buah naga merah juga berkhasiat untuk mencegah diabetes mellitus. Meskipun rasanya manis, kadar gula yang terkandung dalam buah naga sangat sedikit. Buah naga merah dapat membantu tubuh mengeluarkan racun-racun yang berasal dari pola hidup yang kurang sehat.

2. Buah Naga Putih
buah naga putih juga memiliki aroma yang khas dan berbeda dengan jenis buah naga lainnya. Berdasakan penelitian dengan menggunakan sistem bernama QDA, diperoleh perbedaan antara buah naga putih dan buah naga merah.

Buah naga putih memiliki kadar kandungan asam yang tinggi atau vitamin C. Pada buah naga putih dan juga buah naga yang lain, daging buahnya mengandung zat antara lain protein, serat, karbohidrat, Fe atau zat besi, vitamin B1, B2, betakaroten, provitamin A, fosfor, kalsium, niasin, dan masih banyak lagi lainnya. Manfaat buah naga putih tidak jauh berbeda dengan buah naga merah. Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam buah naga dapat membantu memperlambat proses penuaan dini sekaligus mencegah kanker.

3. Buah Naga Hitam

Buah naga berwarna hitam ini merupakan hasil hibrida dari buah naga super red yang dirawat dan dipelihara dengan menggunakan pupuk hitam atau yang juga dikenal dengan nama Black Natural. Komposisi pupuk ini antara lain kotoran sapi, cengkeh sisa pabrik rokok atau cengkok cengkeh, ampas jamu, dan juga abu sekam. Campuran semua bahan pupuk ini memiliki efek yang meningkatkan kandungan betakaroten pada buah naga sehingga daging buahnya menjadi lebih pekat.

4. Buah Naga Kuning
Perbedaan lain buah naga kuning dengan jenis lainnya terletak pada ukuran buah dan juga ukuran pohonnya. Secara umum diketahui bahwa pohon buah naga kuning cenderung lebih pendek ketimbang pohon lainnya. Selain itu, masa tanam atau produksi tanaman buah naga kuning ini jauh lebih lama dibandingkan dengan buah naga merah.

Recent Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.