Manfaat Buah Nanas Menurut Kandungannya

 In Health & Beauty Info

Ada banyak sekali manfaat yang diberikan oleh buah nanas untuk kesehatan tubuh. Buah yang berwarna kuning cerah ini juga banyak menyediakan vitamin, mineral, antioksidan, dan enzim yang bersifat mempromosikan pencernaan, meredakan asam lambung, mengurangi peradangan, dan membantu memecah protein hewani.

Buah nanas sangat mudah ditemukan dipasaran, bahkan tersedia sepanjang tahun. Kandungan nutrisi buah nanas yang sangat banyak, dengan kaya akan vitamin, protein, dan mineral penting yang lainnya, dengan kandungan lemak yang rendah dan juga rendah kalori, serta menyegarkan tubuh maka sangat cocok dikonsumsi di siang hari.

1. Menjaga Berat Badan
Kandungan yang bermanfaat bagi diet yaitu kandungan bromelain dalam buah nanas. Enzim ini berkhasiat untuk membakar lemak di daerah sekitar perut.  enzim ini akan bekerja sama dengan enzim lipase untuk mengolah lemak yang berlebihan di daerah perut.

2. Kesehatan tulang
Kandungan Magnesium dan kalsium pada buah nanas bermanfaat untuk membantu dalam memperkuat tulang dan juga jaringan ikat.

3. Mengatasi rasa nyeri
Jus nanas segar merupakan minuman yang sangat penting untuk para olahragawan, hal itu disebabkan karena kandungan bromelain pada nanas bermanfaat untuk mengatasi sakit pada otot tubuh. Nanas dapat dimanfaatkan untuk nyeri sendi, selain itu berperan dalam meminimalisir terjadinya pembekuan darah.

4. Kesehatan pencernaan
Nanas atau jus nanas dapat Fruitaholic manfaatkan untuk mengobati penyakit konstipasi, sembelit, dan mual. Mengkonsumsi nanas (dalam jumlah yang tidak berlebihan) memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Selain itu, nanas mengandung serat, salah satu nutrisi sangat direkomendasikan untuk menjaga kelancaran pencernaan pada usus. Selain itu, kaya akan vitamin C membantu tubuh menjadi lebih tahan terhadap infeksi dan penyakit.

Jus nanas bertindak sebagai pencahar alami sehingga merupakan alternatif yang baik untuk stimulan aksatif yang dapat untuk mengatasi sembelit dan buah nanas adalah resep obat pencahar alami.

Untuk anak-anak yang menderita sembelit ringan, sebaiknya minum setengah cangkir jus nanas setiap pagi.

Untuk orang dewasa dengan sembelit ringan, yang disarankan biasanya minum segelas jus nanas yang beberapa saat kemudian (5-15 menit) diikuti dengan minum segelas air.

5. Meredakan peradangan
Kandungan Bromelain bisa berperan sebagai zat anti peradangan, anti pengentalan darah, dan anti kanker. Bromelain sering dimanfaatkan dalam mengatasi masalah peradangan pada kulit. Seperti untuk mengobati memar di tubuh, keseleo, mengurangi bengkak, serta dapat mengurangi rasa sakit yang diderita.

6. Penyembuhan
Nanas bersifat sebagai anti-inflamasi yang bermanfaat untuk menyembuhkan infeksi dan luka dengan lebih cepat. Untuk obat luarnya, bisa mengoleskan jus nanas pada tempat yang sakit. Awalnya akan terasa perih, tapi jus nanas dapat membantu membersihkan luka dan membuat proses penyembuhan lebih cepat.

7. Menyegarkan tubuh
Buah nanas dapat menyegarkan tubuh, terutama di siang hari, sembari menghilangkan lelah dan jenuh setelah bekerja seharian.

8. Pencegahan Katarak
Vitamin C yang terkandung dalam nanas berguna untuk menghindari masalah kesehatan mata. Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan tinggi vitamin C berkhasiat untuk mengurangi risiko katarak. Para ahli bahkan tidak sedikit menyarankan untuk mengkonsumsi kandungan vitamin C ini sebagai pencegahan utama dari bahaya resiko katarak.

9. Menjaga kesehatan gusi
Kandungan vitamin C yang tinggi berfungsi untuk menurunkan resiko peradangan gusi, dan juga penyakit lainnya yang berhubungan dengan gusi.

10. Mencegah Asma
Nanas merupakan sumber yang baik dari beta karoten, yang diubah menjadi vitamin A aktif selama proses pencernaan di dalam tubuh. Sejumlah studi menunjukkan bahwa kandungan beta karoten bermanfaat untuk mengurangi risiko asma akibat olahraga. Tetapi penelitian ini masih dalam tahap awal.

11. Untuk kesuburan pria dan wanita
Jus nanas memiliki kandungan penting beberapa vitamin dan mineral, seperti vitamin C, beta karoten, tembaga, seng, dan folat. Yang kandungan tersebut memiliki manfaat dalam membantu meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita.

12. Kesehatan jantung
Memperlancar kerja jantung dan mengurangi terjadinya pembekuan darah dalam aliran darah.

Sejumlah penelitian, seperti di Finlandia dan China, masing-masing penelitian menunjukan hasil bahwa asupan vitamin C yang mencukupi untuk tubuh bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

Recent Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.