Manfaat Buah Naga Merah Bagi Tubuh

 In Fun Fact

Buah yang bentuknya khas ini cocok dikonsumsi oleh semua kalangan usia, berbagai nutrisi yang dikandung buah ini bagus untuk kesehatan bayi, balita, anak-anak, hingga orang dewasa dan orang tua.

Buah naga merah juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang begitu besar bagi kesehatan tubuh. Buah naga merah memiliki tampilan luar yang sangat unik yakni dengan kulit berwarna merah yang menyerupai bentuk api yang menyala. Bagian dalam buah ini juga berwana merah keunguan, memiliki kadar air yang cukup tinggi, dan berbiji lunak. Tekstur buah di dalamnya hampir menyerupai buah kiwi.

Mencegah Kanker
Penyakit kanker termasuk penyakit berbahaya yang sangat sulit untuk disembuhkan. rutin mengonsumsi buah naga merah yang kaya akan vitamin C yang merupakan salah satu antioksidan utama, yang mampu mencegah rusaknya sel/DNA yang dipicu oleh radikal bebas, yang merupakan salah satu asal mula terjadinya kanker. Setiap 100 gram buah naga dapat memenuhi 20% kebutuhan vitamin C harian, padahal satu buah naga biasanya memiliki berat sekitar 400 gram atau 0,4 kg.

Membantu Menjaga Kesehatan dan Stamina Tubuh
Kandungan antioksidan serta vitamin yang terdapat dalam buah naga merah dapat memberikan manfaat dalam menjaga kesehatan serta stamina tubuh. Hal ini penting guna meminimalisir efek radikal bebas serta lebih tahan terhadap penyakit.

Mencegah dan Mengatasi Diabetes
Meskipun buah naga merah mengandung gula, namun karena kadar serat dalam buah ini sangat tinggi sehingga tetap bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi diabetes. Kandungan serat selama ini lebih dikenal untuk melancarkan pencernaan, padahal ada fungsi penting lainnya sebagai pengatur dan mengontrol kadar gula darah. Kandungan vitamin B3 yang cukup banyak juga dapat membantu mencegah dan mengatasi penyakit diabetes, terutama tipe 1 dan 2, yang merupakan tipe diabetes yang paling sering terjadi.

Menjaga Kesehatan Tulang
Buah Naga mengandung kalsium hanya mencukupi 1% kebutuhan harian untuk setiap 100 gram buah, dibandingkan dengan 18% kebutuhan harian per 100 gram susu. Namun buah ini mengandung kandungan zat besi dalam jumlah cukup. Zat besi merupakan zat lain selain kalsium yang cukup penting untuk kesehatan tulang. Dalam 100 gram buah naga terdapat 8% kebutuhan harian zat besi.

Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol
Kandungan vitamin B3 dalam buah naga merah sangat baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Bagi Fruitaholic yang memiliki kadar kolesterol tinggi sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah ini. Seperti kita ketahui bahwa kolesterol sangat berbahaya apabila dibirkan tinggi, penyakit-penyakit serius yang timbulkannya antara lain penyakit jantung koroner dan stroke.

Menjaga Kesehatan Mata
Buah naga cukup efektif untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan beta-karoten yang terkandung dalam buah naga merah ini sangat bermanfaat untuk mata. Oleh karena itu buah naga bisa Anda jadikan pilihan makanan alternatif untuk menjaga kesehatan mata apabila Anda bosan dengan wortel atau jenis makanan sumber beta-karoten lainnya. Anda bisa mengonsumsi buah naga secara langsung atau dengan diolah terlebih dahulu menjadi jus buah.

Membantu Meredakan Batuk
Manfaat buah naga merah selanjutnya yaitu dapat membantu meredakan penyakit batuk. Lagi-lagi khasiat ini diperantarai oleh kandungan vitamin B3 di dalamnya.
Bersumber dari: Manfaat Buah Naga Merah yang Terbukti Ilmiah | Mediskus

Recent Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.