Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan

 In Fun Fact

Di Indonesia buah melon telah dimanfaatkan untuk berbagai makanan baik dibuat sebuah jus atau sebagai hiasan minuman. Tanaman buah melon di Indonesia memang cukup melimpah apalagi pada saat musimnya. Selain dimusimnya rasanya tidak sulit untuk menemukan buah melon tersebut di beberapa pasar atau mall mall.

Studi membuktikan terdapat manfaat buah melon untuk kesehatan dan mencegah berbagai penyakit. Buah melon banyak mengandung nutrisi yang penting bagi tubuh. Buah yang habitat aslinya berasal dari Timur Tengah ini memiliki nama ilmiah curcumas melo. Buah melon adalah buah yang masih satu keluarga dengan buah semangka dan buah blewah yang merupakan jenis dari cucurbitaceae.

Selain menyegarkan, buah melon juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh manusia. Mengapa demikian, karena buah tersebut banyak mengandung nutrisi yang sangat baik untuk tubuh dan menyehatkan. Inilah beberapa manfaat buah melon bagi kesehatan yang bisa anda dapatkan jika rajin mengkonsumsinya.

Diet

Bagi yang ingin menjalankan diet penurunan berat badan, maka buah melon ini adalah buah yang tepat. Dimana memiliki kandungan kalori dan lemak yang rendah akan membuat berat badan anda tetap terjaga. Selain itu memiliki kandungan serat dan air yang cukup menjadikan buah melon ini dapat membantu melancarkan proses pencernaan di usus anda.

Mata

Nutrisi yang dapat menyehatkan mata adalah Vitamin A. Sudah kita bahas di kandungan buah melon kalau buah melon ini terdapat Vitamin A yang sangat melimpah. Karena di dalam 100 g buah melon mampu mencukupi kebutuhan vitamin A harian anda bahkan lebih dari 100%. Untuk itu anda bisa mengkonsumsi buah melon agar mata anda tetap sehat.

Tulang dan Gigi

Tulang dan gigi adalah salah satu bagian tubuh yang sangat berguna sehingga anda harus menjaga kesehatanya. Tulang dan gigi membutuhkan nutrisi terutama kalsium agar membuatnya tetap kuat dan sehat. Buah melon tekah menyediakan kalsium yang bisa dibilang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian kalsium anda. Dimana dalam 100 g buah melon memiliki 15 mg atau setara 1% kebutuhan kalsium harian anda.

Anti Kanker

Beberapa penelitian yang sudah dilakukan para ahli kesehatan dan gizi menyatakan bahwa kandungan likopen dan karetonoid yang terdapat pada buah melon sangat bermanfaat untuk menjaga dari ancaman serangan kanker yang dapat menyerang tubuh kita. Dengan mengkonsumsi buah melon kurang lebihnya 1 cangkir, akan memberikan dampak positif bagi kita karena tubuh akan terpenuhi kebutuhan likopen sekitar 9-13 mg.

Anti Stroke

Stroke merupakan salah satu penyakit yang masuk dalam kategori penyakit mematikan didunia. Penyakit tersebut akan menyerang sistem syaraf sehingga akan menggangu kerja otak kita. Berbagai cara dapat anda lakukan untuk mencegah penyakit tersebut menyerang anda salah satunya dengan mengkonsumsi buah melon. Melon memiliki unsur senyawa yang bersifat anti koagulan atau yang dikenal dengan adenosine. Senyawa tersebut mampu menghentikan penggumpalan yang terjadi pada sel darah penyebab serangan jantung dan stroke.

Melancarkan Buang Air Besar

Jika anda tengah mengidap penyakit sembelit atau susah buang air besar, buah melon bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Melon mengandung banyak serat alamiah yang mampu membantu proses pembuangan kotoran. Selain melon untuk mengatasi sembelit anda juga bisa memanfaatkan buah pepaya. Konsumsi secara teratur kedua buah ini agar masalah sembelit yang menyerang anda dapat segera teratasi.

Meredakan Panas Dalam

Sekitar 95% kandungan dalam buah melon adalah air. Air mampu memberikan efek sejuk bagi mereka yang mengkonsumsinya. Selain itu didalam melon terkandung beberapa vitamin seperti vitamin A, B dan vitamin C yang dapat mengatasi masalah panas dalam. Konsumsi buah ini secara rutin untuk mencegah padas dalam dan sariawan yang sewaktu-waktu dapat menyerang anda.

Jangan ragu untuk rutin mengkonsumsi buah ini setiapp hari ya, Fruitaholic

Recommended Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.