Makna buah Jeruk Pada Tahun Baru Imlek

 In Fun Fact

Mengingat Imlek, tentu Fruitaholic tahu buah apa yang sangat erat dengan perayaan Tahun baru China ini.  Betul sekali, Jeruk memang selalu identik dengan perayaan Imlek. Selain secara harafiah artinya buah pembawa rejeki, warna oranye cantik juga dianggap sebagai lambang emas yang berkonotasi pada uang. Konon disebut jeruk mandarin karena dulu, jeruk ini hanya disediakan untuk para pejabat di pengadilan Cina kuno.

Jeruk mandarin dulunya hanya disajikan untuk para pejabat di Tiongkok.  Tapi, Saat ini jeruk mandarin sangat mudah dijumpai di pasaran. Saat perayaan Imlek tiba, masyarakat Tionghoa akan membagikan makanan ke sanak keluarganya dengan maksud agar rezekinya terus bertambah. Salah satu makanan yang dibagikan adalah jeruk mandarin ini.

Jeruk juga merupakan lambang keharmonisan dan kekayaan. Jeruk Kimkit ini berwarna kuning cerah yang berarti sama dengan simbol warna emas atau kekayaan yang dipercaya oleh masyarakat Tionghoa. Semakin banyak buah yang ada di satu pohon, maka akan semakin melimpah juga rezeki dan keberuntungan yang didapat oleh pemiliknya.

Selain itu jeruk kim kat sering dijadikan sebagai lambang keharmonisan dan hubungan antar keluarga. Buah jeruk selalu bergerombol dan menyatu saat berbuah, inilah yang dijadikan perlambang hubungan kedekatan keluarga. Rasa buah jeruk yang beraneka, ada yang manis dan ada yang masam menandakan keharmonisan dan suka duka hidup dalam keluarga.

Selain pada saat perayaan Imlek, buah jeruk juga sering digunakan oleh orang China untuk acara-acara besar, seperti upacara perkawinan dan perayaan-perayaan penting lainnya. Secara harafiah, dalam bahasa Tionghoa, Jeruk berbunyi “ju” yang mirip dengan bunyi kata keberuntungan, yakni “ji”.  Karena itulah, Jeruk seringkali digunakan untuk Imlek maupun upacara-upacara penting.

Tidak hanya Jeruk, kebudayaan China juga menyukai buah pisang, delima, dan srikaya. Terutama buah-buahan yang mengandung banyak biji dengan bentuk bulat, karena bentuk ini melambangkan kebulatan dan keutuhan seperti yang terlihat pada kue bulan atau moon cake

Source: food.detik.com

Recommended Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.