LIBURAN ITU SEKOLAH KEHIDUPAN

 In Fruitaholic, Lifestyle

Masa liburan sekolah, bukan berarti anak-anak berhenti belajar. Ini justru momentum menjadikan rumah sebagai sekolahan, dimana kebiasaan baik tidak disampaikan di depan kelas tapi dipraktekan dalam kenyataan, sebagai landasan masa depan. Lebih tepat disini kita berbagi kiat, menjadikan ruang dapur dan makan sebagai kelas kebiasaan hidup sehat.

Hal pertama yang penting untuk ditanamkan adalah, masakan rumah tak kalah lezat, lebih sehat dan pasti lebih hemat dibandingkan makanan di restoran (apalagi cepat saji). Karena semua dimasak dan disajikan dalam keadaan segar.

Mungkin seperti orang tua kita dahulu, di dapur pula kita bisa sharing manfaat tiap bahan makanan. Karena dengan begitu mereka bisa termotivasi untuk mengkonsumsi dan menyukainya. Seperti kisah Popaye yang kuat karena bayam, ceritakan pada mereka bahwa dengan ikan mereka bisa pintar seperti penemu computer jika rajin belajar. Kita bisa juga inspirasi mereka untuk bangga dengan tahu dan tempe, penemuan canggih leluhur kita, untuk mendapatkan manfaat protein dengan cara yang lebih sehat.

Di meja makan tempat kita berbagi cerita, bisa kita dongengkan kisah tentang buah. Sang Pisang sumber energy super, membuat siapapun yang memakannya tak mudah menyerah oleh berbagai tantangan. Sang Jambu, sumber kesegaran super, raja vitamin C alami yang membuat siapapun yang rutin memakannya tetap segar bugar melalui berbagai tantangan.

Sang nanas sumber serat dan kalsium super, membuat siapapun yang rajin memakannya, berperut dan tulang kuat agar kebal oleh bahaya dan tumbuh tinggi gagah seperti superhero idolanya.

Ada sebuah prinsip pendidikan yang mengatakan,”Children learn from what we do, more than from what we say”. Maka tentu apa yang kita sampaikan akan berdampak ebih mendalam jika kitapun melakukannya. Selamat menikmati liburan, mari jadikan diri, rumah dan perjalanan kita sebagai sekolahan tempat anak-anak kita terbiasa dengan nilai kebaikan di masa depan.

Recent Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.