Konsumsi Jeruk untuk Meringankan Gejala Flu

 In Fruitaholic

jeruk-baby

Di Indonesia seringkali terjadi musim panca roba berkat iklimnya yang hanya memiliki dua musim saja. Terkadang saat pagi hingga siang hari kita akan merasakan suhu yang cukup panas hingga mencapai 34-36 derajat, namun sore harinya akan hujan lebat sehingga suhu kembali turun ke angka 26-27 derajat. Cepatnya perubahan suhu ini membuat siapapun harus mengantisipasi agar daya tahan tubuh tetap terjaga agar tidak jatuh sakit di tengah padatnya rutinitas.

Flu merupakan penyakit yang paling sering menghinggapi seseorang apabila daya tahannya menurun. Penyakit yang disebabkan oleh virus ini memang sering muncul terutama disaat kondisi lingkungan sedang tidak stabil. Tidak seperti bakteri maupun fungi, keberadaan virus memang sukar untuk dibasmi berkat kemampuannya yang dapat bertahan dalam kondisi ekstrim. Namun jangan khawatir, flu yang disebabkan oleh virus dapat hilang dengan sendirinya seiring dengan meningkatnya daya tahan tubuh.

Untuk mengatasi penyakit flu sebenarnya mudah, kita cukup beristirahat dan mengkonsumsi makanan bergizi sehingga daya tahan tubuh dapat meningkat kembali. Terutama mengkonsumsi sumber pangan yang mengandung vitamin C karena diketahui vitamin C dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Buah jeruk adalah salah satu buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat seseorang mengalami gejala flu. Dikutip dari www.hellosehat.com diketahui bahwa buah jeruk mengandung vitamin C sebesar 59-83 mg per satu buahnya. Mengingat vitamin C sangat penting bagi daya tahan tubuh sementara tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri, sehingga mengkonsumsi sumber pangan yang mengandung vitamin C seperti halnya jeruk sangat penting untuk dilakukan.

Apalagi mengkonsumsi jeruk saat sedang flu dapat membuat tubuh menjadi segar berkat rasanya yang manis asam dengan kandungan sari buah yang cukup. Buah jeruk dapat dikonsumsi secara langsung atau disajikan dalam bentuk jus maupun air perasannya. Bentuknya yang bulat dan tidak terlalu besar membuatnya mudah untuk dibawa ke mana saja, sehingga baik penderita flu maupun orang sehat sekalipun dapat mengkonsumsinya di mana saja dan kapan saja.

Selain membantu menjaga daya tahan tubuh, ternyata vitamin C juga sangat berperan penting dalam masa pertumbuhan anak serta perbaikan sel-sel dalam tulang, gigi, kulit, dan jaringan lainnya. Peran lain yang tak kalah penting adalah membantu dalam penyerapan zat besi dan mengurangi risiko penyakit kanker.

Begitu pentingnya manfaat jeruk bagi kesehatan tubuh maka ada baiknya untuk menyertakan jeruk pada daftar menu makanan sehari-hari. Jadi, apakah sudah mengkonsumsi jeruk hari ini?.

Sumber Infomasi:

Hellosehat.com. 6 Buah-buahan Paling Tinggi Vitamin C, Selain Jeruk. https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/buah-kandungan-tinggi-vitamin-c-selain-jeruk/ [diakses tanggal 28 September 2017]

Recommended Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.