Konsumsi Buah Naga Mampu Mencegah 5 Penyakit Berbahaya Ini

 In Fruitaholic

buah-naga

 

Buah naga atau Hylocerous undatus sp termasuk ke dalam family kaktus yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Buah ini telah banyak dikembangkan di Indonesia karena memiliki berbagai macam manfaat, mudah dibudidayakan dan memiliki pasar yang sangat potensial.

Buah naga menghendaki lingkungan yang kering, tidak terlalu lembab dan mudah mendapatkan sinar matahari untuk perkembangannya. Umumnya para petani menanam buah naga pada hamparan yang luas, namun buah yang termasuk golongan epifit ini (tumbuhan yang menumpang pada tumbuhan lain) juga dapat dikembangkan pada lahan pekarangan asalkan sesuai dengan kondisi agroekosistemnya.

Buah naga termasuk buah yang ditampilkan sebagai buah unggulan nusantara pada perhelatan Fruit Indonesia 2016 lalu. Buah naga memiliki dua jenis yaitu buah naga merah dan buah naga putih yang keduanya memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan, di antaranya adalah:

  1. Antioksidan yang mencegah kanker

Gaya hidup yang kurang sehat ditambah dengan paparan radikal bebas dari lingkungan membuat kita harus berhati-hati terhadap kemungkinan munculnya sel kanker. Untuk mencegahnya, kita dapat mengkonsumsi buah naga karena kandungan serat yang tinggi mampu mengikat zat karsinogenik penyebab kanker. Selain itu buah naga juga mengandung antioksidan phytoalbumin yang membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Mengkonsumsi buah naga dapat menjaga kesehatan dan meningkatkan kekebalan tubuh berkat kandungan antioksidan serta vitaminnya yang cukup tinggi.

  1. Baik untuk kesehatan jantung dan mencegah kolesterol

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang mematikan di Indonesia. Untuk mencegah dan menjaga kesehatan jantung, dapat mengkonsumsi buah naga karena kandungan vitamin C, B1, B2, dan B3 diketahui sangat baik bagi kesehatan jantung. Kandungan serat pada buah naga, terutama buah naga merah diketahui dapat melawan dan mencegah beberapa jenis penyakit terkait pembuluh darah. Khusus untuk vitamin B3 yang jumlahnya cukup tinggi pada buah naga diketahui mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Itu sebabnya para penderita kolesterol tinggi disarankan untuk mengkonsumsi buah ini.

buah-naga

 

  1. Mencegah diabetes

Penderita diabetes harus ekstra hati-hati ketika mengkonsumsi makanan karena jika salah sedikit saja dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Kandungan vitamin B3 serta serat yang ada di buah naga berfungsi mencegah penyakit diabetes sekaligus mengontrol kadar gula darah. Meskipun memiliki rasa yang manis, buah naga baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes berkat kandungan gula yang sangat rendah.

  1. Meringankan gejala asma dan gangguan pernapasan

Bagi penderita asma disarankan untuk mengonsumsi buah naga secara rutin atau paling tidak lima kali dalam seminggu karena kandungan nutrisi yang ada di dalam buah naga mampu mencegah dan meringankan gejala asma. Selain itu berkat kandungan vitamin C yang tinggi membuat buah naga mampu meningkatkan kekebalan saat tubuh terkena infeksi sehingga dapat juga meringankan batuk dan gangguan pernapasan lainnya.

  1. Mencegah osteoporosis dan mempercepat pertumbuhan tulang dan gigi

Selain mengandung vitamin C, buah naga juga memiliki kandungan beta karoten, karbohidrat, fosfor dan kalsium. Kalsium organik yang ada di dalam buah naga dapat membantu melawan osteoporosis atau pengapuran tulang. Tidak hanya cocok untuk dikonsumsi oleh orang dewasa, buah naga juga baik untuk dikonsumsi anak-anak dan remaja karena mampu mempercepat pertumbuhan tulang dan gigi.

Begitu banyaknya manfaat yang ditawarkan oleh buah naga, maka mengkonsumsinya setiap hari sangat penting untuk menjaga kesehatan sekaligus mencegah berbagai macam penyakit berbahaya. Semoga kita semua selalu terjaga kesehatannya ya. Salam sehat selalu.

Recommended Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.