Konsumsi Buah Jeruk Saat Hamil? Awas Ketagihan!

 In Fruitaholic

Saat saya hamil dulu, merasakan benar gimana rasanya mulut nggak enak. Lidah terasa pahit. Segala macam makanan yang masuk ke mulut ingin segera dimuntahkan kembali. Setiap saat, bawaannya selalu saja makan sesuatu yang segar dan mengandung sensasi asam.

Ingat banget pertama kali ngidam pengen sekali makan jeruk yang rasanya asam. Melihat buah jeruk yang kulitnya hijau maunya saya borong semua  untuk dibawa pulang sebagai teman saat bangun tidur pagi hari. Sebagai obat mujarab kala morning sickness melanda.

 

Ketika membeli jeruk, saya sengaja memilih buah yang segar yang kulitnya kenyal supaya memiliki kandungan air banyak. Upaya itu saya lakukan demi menghindari rasa mual yang berkepanjangan. Semakin banyak airnya, semakin nikmat dicecap oleh lidah. Sukses banget, biasanya habis makan jeruk lidah kembali normal sehingga bisa menerima asupan karbohidrat.

Sedikit info mengenai kehamilan, saat hamil, Ibu membutuhkan banyak asupan gizi untuk kesuksesan perjalanan 1000 Hari Pertama Kehamilan yang lebih dikenal dengan istilah 1000 HPK. Selain menjaga kesehatan diri sendiri, Ibu hamil juga berperan menjaga kesehatan janin yang ada dikandungan hingga nanti saat tiba melahirkan. Semua upaya ini bermanfaat untuk menjaga kualitas ASI yang akan dihasilkan.

Selama hamil, Ibu direkomendasikan mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin, Asam Folat, Kalium, Fosfor, Magnesium, Kalsium, dan Zat Besi. Namun sayangnya, kondisi Ibu yang sering mual terkadang menahan asupan nutrisi baik itu masuk kedalam perut. Akibatnya Ibu tidak dapat mendapat asupan gizi yang baik.

Buah jeruk memiliki kandungan lengkap yang dibutuhkan oleh Ibu hamil, diantaranya Asam Folat untuk pembentukan sel darah merah, Kalsium dan Magnesium untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin. Serta Vitamin sebagai sumber Antioksidan.

Selain untuk kebaikan janin, buah jeruk pun bermanfaat untuk kebaikan ibu hamil sendiri, seperti:

Mencegah Dehidrasi

Terlalu sering mual dan muntah membuat cairan di tubuh Ibu hamil menurun sehingga mengakibatkan dehidrasi. Dalam kondisi seperti ini, buah Jeruk menjadi penyelamat untuk menutupi kekurangan cairan pada Ibu.

Mengurangi rasa Mual

Buah Jeruk terkenal dengan kesegarannya. Sekalipun rasanya manis, rasa jeruk dapat meringankan gejala mual pada Ibu Hamil. Jika mual melanda pada trimester pertama, segeralah konsumsi jeruk!

Menghadirkan Sensasi Bahagia

Saat hamil saya begitu sensitif terhadap bau. Bila ada orang memasak, saya buru-buru menutup pintu rumah sembari memegang hidung. Saat seperti ini saya membutuhkan aroma yang segar-segar, seperti aroma buah jeruk. Aroma jeruk segarnya begitu menggemaskan. Cukup pegang kulit jeruk saja, hati langsung bahagia.

Mendorong nafsu makan

Sudah jadi rahasia umum bila saat hamil nafsu makan Ibu cenderung menurun akibat perubahan hormon. Jeruk dapat membantu pelan-pelan memunculkan nafsu makan.

Selain dapat dinikmati langsung, untuk memicu semangat ibu saat hamil, buah jeruk dapat dikonsumsi menjadi sebuah minuman atau makanan. Bisa dijadikan jus, infused water, puding, jeruk dicampur susu, manisan, cake, salad dan lain sebagainya.

Naah, banyak sekali, kan, manfaat buah jeruk untuk ibu hamil. Agar ibu dan bayi sehat, boleh banget lho konsumsi buah jeruk tiap hari. Tapi kudu hati-hati, ya. Jangan sampai ketagihan! 😀

Recommended Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.