Kondisioner Rambut Alami Dari Buah

 In Recipes

sehabis keramas, rambut seringkali justru terasa kaku dan bervolume. Bagi beberapa jenis, rambut yang bervolume memang menyenangkan karena akan terlihat banyak, tapi untuk jenis lainnya, rambut bervolume justru akan membuat terlihat tidak teratur, kusam dan kering. Untuk menghindari rambut yang terlihat kusam, berikut beberapa resep masker rambut yang dapat Fruitaholic buat dari buah-buahan yang selalu ada di rumah.

1. Pisang

Vitamin A, vitamin C, dan vitamin E dalam buah pisang berfungsi sebagai minyak alami yang dapat mengatasi rambut bercabang dan kering. Selain itu conditioner alami dari daging buah pisang mudah diserap batang rambut dan menutrisi rambut dari dalam. Rambut pun jadi lebih kuat dan berkilau.

Berikut ini bahan-bahan dan cara pembuatan conditioner dari buah pisang yang dikutip dari situs Style Craze.

Bahan:
-1 buah pisang matang (sesuaikan dengan panjang dan ketebalan rambut)
-1 sdm madu
-1 sdm santan
-1 sdm minyak kelapa
-beberapa tetes air mawar

Jika menginginkan tekstur conditioner yang lebih kental, kamu bisa menambahkan 2 sdm yogurt tawar.

Cara membuat:
-Potong-potong buah pisang. Campurkan dengan santan, madu, minyak kelapa, dan minyak zaitun. Kemudian haluskan semua bahan tadi dengan sendok atau blender.

-Begitu semua bahan tercampur rata dan sudah halus, tambahkan beberapa tetes air mawar untuk memberikan aroma harum. Aduk rata dengan menggunakan sendok.

-Sisir rambut yang sudah dikeramas sampai tidak ada rambut yang kusut. Kemudian ambil sisir yang bergigi jarang dan celupkan ke dalam conditioner pisang yang Anda buat. Ratakan conditioner ke seluruh bagian rambut menggunakan sisir tadi.

-Tutupi kepala menggunakan shower cap. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas rambut hingga bersih. Biarkan rambut kering secara alami. Jangan gunakan hair dryer.

Lakukan perawatan dengan conditioner ini setidaknya 1 kali seminggu. Dalam waktu yang relatif singkat rambut yang rusak akan kembali sehat.

2. Pepaya

Pepaya mengandung banyak vitamin A dan C yang penting untuk kesehatan rambutmu. Untuk membuat conditioner dari buah pepaya, kamu bisa mencoba resep yang direkomendasikan situs Curly Nikki ini.

Bahan:
-1/2 gelas pepaya matang
-1/4 gelas yogurt tawar

Cara membuat:
-Kupas pepaya dan haluskan daging buahnya. Setelah itu campur dengan yogurt.
-Oleskan campuran conditioner mulai dari pangkal hingga ujung rambut. Setelah itu tutupi kepala dengan shower cap. Diamkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

3. Mangga

Mangga mengandung banyak vitamin A dan vitamin C yang diperlukan oleh rambut. Selain itu tekstur buah mangga yang berair berfungsi sebagai pelembap alami.

Bahan:
-1/2 buah mangga
-1 buah kuning telur

Cara membuat:
-Haluskan daging buah mangga. Kemudian campurkan dengan kuning telur.
-Oleskan campuran conditioner mulai dari pangkal hingga ujung rambut. Setelah itu tutupi kepala dengan shower cap. Diamkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

Itulah 6 conditioner dari buah mangga yang bisa kamu gunakan untuk merawat rambutmu. Silakan mencoba sendiri.

4.  Lemon

Jenis produk perawatan ini sangat bagus untuk membantu merawat rambut dan kulit kepala yang kering. Gunakan sebagai sampo selama dua kali seminggu.

Bahan:
3 butir telur
1 sdm air lemon
1 sdm minyak zaitun
1 sdm mayonnaise

Cara membuat:
1. Campur semua bahan.
2. Tambahkan 3sdm sampo sebagai campuran.
3. Campur hingga semuanya rata.
4. Oleskan di rambut yang basah sebagai sampo.
5. Bilas dengan air hangat.

5. Pir

Buah pendingin perut ini sangat populer di masyarakat.

Bahan:
1 buah pir
2 sdm Madu murni

Cara membuat:
Campurkan satu buah pir yang telah dihaluskan dengan madu.
Oleskan pada rambut basah dan tutup dengan shower cap.
Biarkan selama 30 menit lalu bilas dengan air dingin.

Selamat mencoba, Fruitaholic

Recent Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.