Kolesterol Tinggi? Coba Turunkan dengan Pisang!

 In Fruitaholic

Kolesterol Tinggi, Coba Turunkan dengan Pisang – Hi, Fruitaholic! Apa kabarnya ini? Semoga sehat selalu ya dimanapun dan kapanpun. Kalau bulan lalu kita bicara soal diet sehat, kali ini kita bicara soal kolesterol. Hmm… sudah tahu semua kan kalua kolesterol yang tinggi (khususnya yang kolesterol jahat) akan mengakibatkan masalah kesehatan?

Nah, mengingat bahwa salah satu penyebab kematian tertinggi adalah tingginya kolesterol yang mempengaruhi organ dalam tubuh seperti jantung dan pembuluh darah, maka perlu diwaspadai sejak dini. Seperti mulai mengetahui penyebab, gejala, cara mengatasi dan pastinya pencegahan agar risiko sakit karena kolesterol tinggi bisa jauh dari kehidupan kita.

Perlunya Kolesterol Baik (HDL) dalam Tubuh

Sebelumnya perlu diketahui bahwa di dalam tubuh terdapat kolesterol baik dan kolesterol jahat. Kolesterol jahat atau dikenal juga dengan sebutan LDL atau Low Density Lipoprotein, dimana kolsterol ini kandungannya lebih banyak lemak. Jika semakin banyak, maka akan menempel di dinding pembuluh darah dan pastinya menyumbat aliran sel darah. Sedangkan kolesterol baik ini dikenal dengan sebutan HDL atau High Density Lipoprotein, dimana kolesterol ini dibutuhkan oleh tubuh untuk melarutkan kolesterol jahat sehingga pembuluh darah lebih banyak mengandung protein daripada lemak.

Dengan penjelasan tersebut menunjukkan bahwa di dalam tubuh membutuhkan jumlah HDL yang tinggi agar masalah kolesterol bisa diatasi.

Coba Turunkan Kolesterol dengan Pisang

Sebagai orang yang memiliki kolesterol tinggi (setelah dicek beberapa bulan lalu), tentu saya tidak bisa tinggal diam. Harus ada solusi nyata yang harus saya lakukan untuk menurunkannya. Karena jujur saja, punya kolesterol tinggi itu sungguh tidak menyenangkan.

Kepala sering pusing, bangun tidur leher dan pundak rasanya pegal-pegal bahkan di pagi hari selalu merasakan ngantuk. Padahal baru saja beberapa jam dari bangun tidur. Kalua sudah seperti itu, beraktivitas jadi sesuatu yang memberatkan dan lebih enak berbaring dan akhirnya tidur dengan durasi waktu yang sudah tidak sesuai porsinya. Otomatis tidak ada pekerjaan yang bisa selesai jika setiap hari seperti itu.

Hmm… beruntunglah karena saat ini banyak informasi soal bagaimana mengatasi kolesterol tinggi. Itupun sangat mudah dilakukan, yaitu dengan mengkonsumsi pisang. Sebagai fruitaholic, harusnya bisa menjaga diri agar kolesterol aman-aman saja, namun seringkali pola hidup (khususnya pola makan) sering tidak terkontrol jika berada di luar zona nyaman (baca: rumah).

Ada Apa Dengan Pisang?

Ternyata, Pisang tidak sekadar menjadi buah sejuta ummat. Banyak kandungan nutrisi yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa kandungan nutrisi dalam buah pisang yang matang antara lain ada 99 kalori, protein 1,2 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 25,8 mg, serat 0,7 gram, kalsium 8 mg, fosfor 28 mg, besi 0,5 mg, vitamin A 44 RE, vitamin B 0,08 mg, vitamin C 3 mg serta air 72 gram.

Selain kandungan nutrisi pisang di atas, terdapat pula hasil penelitian yang mengatakan bahwa serat pisang mampu menghambat laju pertambahan plak yang menempel pada dinding pembuluh darah di dalam tubuh. Dengan demikian, pembuluh darah menjadi sedikit terlepas dari timbunan lemak dan aliran darah menjadi stabil karena kolesterol jahat dalam tubuh terus disingkirkan. Jika stabil, otomatis jantung pun tidak mengalami gangguan apa-apa.

Kenapa Harus Pisang?

Hmm… kehidupan kita saat ini sudah semakin modern. Banyak sekali makanan yang bisa memicu kolesterol jahat menjadi tinggi, namun terkadang bingung untuk mencegahnya karena kesibukan yang luar biasa. Makan di restoran, café dan sejenisnya sudah tentu menjadi gaya hidup saat ini. Setiap hari berarti penumpukan kolesterol pun mau nggak mau meningkat.

Nah, untuk menyeimbangkan kondisi tersebut, mengkonsumsi buah, khususnya pisang bisa menjadi alternative mudah dan tentunya murah. Buah yang dimanapun bisa ditemui ini juga dalam proses mengkonsumsinya tidaklah sulit. Bahkan bisa dibuat beraneka ragam olahan sesuai selera. Asalkan yakin pada saat proses mengolahnya tidak sampai merusak nilai gizi yang dikandungnya. Kalua saya pribadi sih paling enak dimakan langsung saja. Kesannya lebih seksi, eh… hehe… Pisang juga merupakan buah yang harganya terjangkau. Rasanya enak dan tentu tak hanya daging buahnya saja yang bisa dimanfaatkan.  

***

Well… sudah tahu dan bagaimana pisang bisa membantu agar kolesterol lebih terkontrol. Dan perlu diingat juga, banyak makan pisang bukan berarti gaya hidup tidak berubah. Karena mencegah pasti akan lebih baik daripada mengobati, bukan?

Recommended Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.