Your Trusted 24 Hours Brook Service Provider !
Keunikan Buah Kiwi

Keunikan Buah Kiwi

363793602213kiwi-citrus-fruit_2411b9e870d212a5Kiwi adalah sejenis buah beri dengan kelompok kultivar dari kayu pohon anggur Actinidia deliciosa dan hibrida antara ini dan spesies pada genusActinidia. Actinidia asli berasal dari Shaanxi, Cina.Buah kiwi yang normal berbentuk oval, kira-kira sebesar telur ayam (5–8 cm / 2–3 in dan diameter 4.5–5.5 cm / 1¾–2 ). Buah ini kaya serat, kulit berwarna hijau-kecokelatan dan daging buah berwarna hijau terang atau keemasan dengan biji kecil, hitam, dan bisa dimakan. Tekstur buah ini sangat halus dan rasanya yang unik, saat ini buah kiwi sudah ditanam di berbagai negara.Buah ini awalnya bernama Gosberi Cina, buah ini dinamai kembali dengan alasan ekspor marketing pada tahun 1950-an, menjadi melonette, kemudian kiwi. Nama buah ini berasal dari kiwi — burung yang tak bisa terbang dari Selandia Baru.Kiwi memang bukan buah asli Indonesia. Buah ini berasal dari Selandia Baru, yang dimana oleh Sunpride dikembangbiakan di dalam negeri. Apabila selama ini kiwi berwarna hijau dan rasanya asam, kini kiwi memiliki daging buah yang berwarna kuning dengan rasa yang manis.Bentuk buahnya yang oval, kira-kira sebesar telur ayam. Kulitnya berwarna coklat dengan biji yang hitam yang kecil-kecil dan bisa dimakan. Namun kiwi ternyata menyimpan banyak fakta unik. Fakta-fakta antara lain:
  • Kandungan vitamin C pada kiwi dua kali lebih tinggi dibandingkan jeruk dengan perbandingan berat yang sama.
  • Kandungan vitamin E pada kiwi lima kali lebih besar dibandingkan apel dengan perbandingan berat yang sama.
  • Kaya akan serat larut dan tidak larut, yang keduanya penting untuk pencernaan.
  • Mengandung enzim actinidin, yang dapat mempercepat pencernaan portein.
  • Mengandung antioksidan dengan kandungan vitamin C, E, dan polifenol sebagai pendukungnya.
  • Angka kecukupan nutrisi per 100 gram penyajiannya lebih tinggi dibandingkan dengan buah lainnya. Kiwi Gold, sekitar 13,7 sementara jeruk 8,1 dan apel hanya 1,8.
  • Angka kepadatan nutrisi kiwi gold sebesar 24,4 sementara apel hanya 3,5 dan jeruk 9,7.
  • Mengandung kalium yang tinggi 346 mg dibandingkan apel hanya 107 mg atau jeruk 181 mg, sehingga aman untuk penderita hipertensi.
  • Mengandung asam folat yang baik untuk ibu hamil.
  • Indeks glikemiknya rendah, sehingga aman untuk penderita diabetes.
  • Mengandung lutein yang lebih tinggi dibandingkan apel, pada kiwi 129 mcg sementara apel 29 mcg. Lutein berguna untuk kesehatan penglihatan.
Setelah mengetahui fakta unik buah kiwi diatas, apakah masih ragu untuk mengonsumsinya? Buah ini mudah juga untuk dikonsumsi. Tinggal belah dan sendoki saja daging buahnya dan rasakan sejuta manfaat buah kiwi.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *