Keistimewaan Guava Bagi Tubuh Setiap Hari

 In Fun Fact

Sebagai makanan buah segar maupun olahan, jambu yang memiliki banyak nama ini (antara lain, jambu klutuk, jambu siki, dan jambu batu), mempunyai banyak zat gizi. Bahkan, kandungan vitamin A dan vitamin C-nya tinggi.

Manfaat Guava Bagi Tubuh

Menyembuhkan Infeksi

Berkat kandungan vitamin C-nya yang tinggi, buah ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bila dikonsumsi saat menderita radang tenggorok atau flu, akan mempercepat penyembuhan akibat infeksi.

Mencegah Kanker

Kandungan vitamin C yang tinggi serta senyawa flavonoid membuat jambu biji memiliki sifat antioksidan yang kuat yang mampu menghambat produksi nitrosamin, zat pemicu kanker. Vitamin C yang cukup dalam darah juga mendorong kerja selenium dalam menghambat sel kanker, terutama kanker paru-paru, prostat, payudara, dan usus besar. Likopen dalam jambu merah mampu menghambat oksidasi lemak sehingga mencegah kanker.

Mengatasi Penyakit Jantung Koroner

Kadar kalium pada jambu biji membantu jantung berdetak lebih teratur. Kandungan asam elagat, asam linoleat, asam korbigen, dan juga serat mampu mengikat lemak sehingga menghindari terbentuknya plak, penyebab jantung koroner.

Mengatasi Diabetes

Serat pektinnya mampu berperan menurunkan kadar glukosa darah sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Jambu biji juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi karena kadar kaliumnya, juga seratnya yang mengikat lemak.

Antiradang dan Antivirus

Vitamin C-nya berperan membentuk kolagen yang bermanfaat untuk penyembuhan luka. Senyawa flavonoidnya memiliki kemampuan sebagai antiradang, antialergi, dan antivirus.

Meningkatkan sistem imun

Jambu biji mengandung vitamin C yang jauh lebih besar dibandingkan jeruk, hampir 4 kali lipatnya. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah-buahan kaya vitamin C dapat membantu tubuh mengembangkan daya tahan untuk melawan kuman penyebab penyakit.

Vitamin C juga diperlukan untuk sintesis kolagen yang sangat diperlukan dalam pembentukan sel-sel pembuluh darah, kulit, organ, dan tulang. Vitamin A di dalamnya pun penting untuk menjaga kesehatan membran mukosa dan kulit sebagai salah satu sistem pertahanan tubuh.

Menurunkan dan menambah berat badan

Jambu biji sangat cocok dijadikan teman diet bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Buah ini kaya akan vitamin, protein, mineral, dan serat, namun tidak mengandung kolesterol dan hanya memiliki karbohidrat tercerna dalam jumlah rendah. Kadar gula jambu biji juga termasuk lebih rendah dibandingkan apel, jeruk, dan anggur.

Jambu biji pun dapat membantu menambah berat badan untuk orang-orang bertubuh kurus. Diduga hal ini dikarenakan melimpahnya nutrisi yang dikandungnya sehingga metabolisme bisa berjalan optimal dan tubuh dapat menyerap nutrisi dengan lebih baik.

Mengobati diare, disentri, dan gastroenteritis

Jambu biji banyak mengandung astringent, senyawa yang dapat meredakan gejala diare, disentri, dan gastroenteritis (radang lambung dan usus). Sifat astringent yang basa serta memiliki manfaat disinfektan dan anti bakteri mampu menghambat perkembangan mikroba dan menghilangkan kelebihan lendir dari usus.

Nutrisi lain dalam jambu biji seperti karotenoid, vitamin C, dan potasium berfungsi membantu memperkuat sistem pencernaan. Sementara seratnya dapat melindungi usus besar dari paparan racun berbahaya penyebab kanker.

Meredakan konstipasi

Banyak mitos yang mengatakan bahwa jambu biji dapat menyebabkan konstipasi. Padahal, seratnya yang tinggi berfungsi sebagai laksatif yang dapat membantu melancarkan pergerakan usus, mengeluarkan kelebihan cairan, membersihkan usus dan sistem pengeluaran secara menyeluruh, serta mencegah sembelit (susah BAB) atau diabetes.

Mengontrol kadar glukosa

Tingginya kadar serat pangan dalam jambu biji membantu penyerapan gula oleh tubuh sehingga kadar glukosa tidak meningkat tajam setelah makan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi jambu biji dapat mencegah terjadinya diabetes tipe 2 dan menurunkan kadar gula darah.

Menyehatkan mata

Kandungan vitamin A yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata cukup banyak terdapat di jambu biji. Vitamin ini bermanfaat untuk mencegah munculnya katarak, degenerasi makula, dan penyakit mata umum lainnya. Tidak hanya mencegah turunnya kemampuan penglihatan, namun juga meningkatkannya kembali.

Menyehatkan kelenjar tiroid

Tingginya kandungan tembaga pada jambu biji bermanfaat untuk menjaga kesehatan kelenjar tiroid yang merupakan salah satu kelenjar paling penting dalam tubuh. Tembaga akan mengatur metabolisme tiroid dengan membantu mengontrol produksi dan penyerapan hormon.

Menyehatkan otak

Manfaat lain dari jambu biji yang tak kalah penting adalah menyehatkan otak. Hal ini dikarenakan jambu biji mengandung vitamin B3 (niacin) yang dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan menstimulasi fungsi kognitif. Jambu biji juga memiliki vitamin B6 yang merupakan nutrisi penting untuk otak dan saraf.

Meredakan batuk dan pilek

Jus jambu biji yang belum matang bermanfaat untuk meredakan batuk dan pilek. Astringent, vitamin C, dan zat besi di dalamnya akan membantu meredakan hidung tersumbat, membersihkan sistem pernafasan, tenggorokan, dan paru-paru, serta mencegah perkembangan mikroba.

Merawat kesehatan kulit

Astringent yang banyak terdapat pada jambu biji mentah dan daunnya dapat membantu merawat kesehatan kulit dan menghindarkannya dari masalah. Manfaat tersebut bisa didapatkan baik dengan memakan jambu biji maupun mengambil sarinya untuk mencuci wajah.

Vitamin A, B, C, dan potasium juga termasuk antioksidan dan dapat digunakan untuk detoksifikasi sehingga mampu membuat kulit sehat bercahaya dan awet muda. Apalagi, jambu biji merah juga kaya akan likopen yang mampu mencegah kerusakan kulit akibat sinar ultra-violet.

Jadi tidak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi Guava setiap hari Fruitaholic!

Recommended Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.