Kandungan Gizi Pada Guava atau Jambu Biji

 In Health & Beauty Info

Guava ( Psidium guajava ) atau yang biasa dikenal dengan Jambu Biji bentuknya bulat, agak bulat, sampai sedikit lonjong. Buah yang diduga berasal dari Meksiko Selatan ini mempunyai kulit yang tipis sehingga bisa dimakan tanpa perlu dikupas.

Segar dan nikmat. Itulah kesan kita saat melihat Guava yang disajikan dengan cara dibelah untuk menunjukkan warna daging buahnya yang beragam warnanya; putih, kuning sampai kemerah-merahan.

Aroma manis khas yang cukup kuat membuat buah ini memikat untuk dinikmati. Dan ternyata, jeruk yang dikenal kaya vitamin C itu, ternyata kalah hampir empat kali lipat dibandingkan jambu biji.

Kandungan Gizi Jambu Biji

  • Energi 49 kal
  • Protein 0,9 g
  • Lemak (0,3) g
  • Karbohidrat 12,2 g
  • Serat 5,6 g
  • Kalsium 14 mg
  • Fosfor 28 mg
  • Zat Besi 1,1 mg
  • Vitamin A 25 IU
  • Vitamin B1 0,02 mg
  • Vitamin C 87 mg
  • Air 86 g

Vitamin C

Vitamin C adalah nutrien dan vitamin yang larut dalam air dan penting untuk kehidupan serta untuk menjaga kesehatan. Vitamin ini juga dikenal dengan nama kimia dari bentuk utamanya yaitu asam askorbat. Vitamin C termasuk golongan antioksidan karena sangat mudah teroksidasi oleh panas, cahaya, dan logam, oleh karena itu penggunaaan vitamin C sebagai antioksidan semakin sering dijumpai.

Vitamin C dikenal sebagai senyawa utama tubuh yang dibutuhkan dalam berbagai proses penting mulai dari pembuatan kolagen ( protein berserat yang membentuk jaringan ikat pada tulang ), pengangkut lemak, pengangkut elektron dari berbagai reaksi enzimatik, memacu gusi yang sehat, pengatur tingkat kolesterol, serta pemacu imunitas. Selain itu, vitamin C sangat diperlukan tubuh untuk penyembuhan luka dan meningkatkan fungsi otak agar dapat bekerja maksimal.

Sumber vitamin C yang penting di dalam makanan terutama berasal dari buah-buahan dan sayur-sayuran, sedangkan bahan makanan yang berasal dari hewani pada umumnya bukan merupakan sumber vitamin C yang tinggi. Sayuran segar mengandung kadar vitamin C yang lebih sedikit dibandingkan dengan buah-buahan.

Jambu biji merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, dengan jumlahnya mencapai 228 mg per 100 g atau tiga kali lebih banyak dari kebutuhan harian. Vitamin ini terutama terdapat di bagian daging buah luar di bawah kulitnya.

Jambu biji juga kaya akan serat pangan dan vitamin B kompleks asam folat, asam pantotenik, piridoksin, dan niacin. Ada juga riboflavin, tiamin, vitamin A, E, dan K meski jumlahnya tidak sebanyak vitamin C

Tidak hanya itu, jambu biji dilengkapi dengan berbagai elektrolit dan mineral. Yang cukup menonjol adalah potasium, disusul dengan mangan, magnesium, zat besi, tembaga, kalsium, seng, fosfor, dan selenium.

Adapun fitokimia yang dikandungnya adalah karotenoid serta polifenol galokatokin, leukosianidin, dan likopen

Itulah penjelasan mengenai kandungan nutrisi dalam jambu biji. Semoga bermanfaat bagi Fruitaholic yang membutuhkan.

Recent Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.