Jeruk Baby

 In 100% Buah Nusantara, Jeruk Baby

Jeruk baby merupakan jenis jeruk manis (Citrus sinensis) yang dikenal dari daerah Pacitan, Jawa Timur. Buah ini disebut jeruk baby karena rasanya yang manis dan tidak asam hingga dapat diberikan pada bayi. Cara makan jeruk baby mirip dengan jeruk Sunkist, yakni dipotong dan dimakan dari potongannya. Cara makan ini diterapkan karena daging buah jeruk baby menempel pada kulitnya.

Jika dibandingkan dengan varietas jeruk lainnya, jeruk baby mampu beradaptasi lebih baik, tumbuh lebih cepat, memiliki produktivitas yang tinggi, dan cocok untuk konservasi lahan. Jeruk ini tumbuh optimal di dataran rendah dan beriklim tropis dengan suhu udara kira-kira 30 derajat Celcius. Dalam waktu 1,5 tahun setelah penanaman, jeruk ini sudah dapat dipanen.

Pada umumnya, jeruk baby berwarna hijau dengan sedikit semburat kuning. Warnanya yang hijau seringkali menimbulkan kesan bahwa jeruk ini belum matang atau memiliki rasa yang asam. Jeruk baby Sunpride dipetik pada tingkat kematangan yang tepat sehingga warnanya kuning merata dan rasanya lebih manis dibanding jeruk baby lainnya.

Ketersediaan Jeruk Baby – sepanjang tahun.

  • Sumber vitamin. C Satu jeruk memiliki pasokan 116,2 persen dari nilai harian untuk asupan vitamin C. Vitamin C bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker usus besar karena bisa membantu mengusir radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada DNA. Vitamin C, juga penting sebagai sistem kekebalan tubuh, baik untuk menangkal flu dan mencegah infeksi telinga berulang.
  • Antioksidan untuk kesehatan kulit. Antioksidan dalam jeruk membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang bisa menimbulkan tanda-tanda penuaan. Satu buah jeruk sehari dapat membantu Anda mempertahankan keremajaan kulit meski usia sudah beranjak 50 tahun.
  • Kaya Vitamin B6. Vitamin ini membantu mendukung produksi hemoglobin dan juga membantu menjaga tekanan darah tetap normal karena adanya magnesium. Menurut sebuah studi oleh peneliti AS dan Kanada, senyawa yang ditemukan dalam kulit buah jeruk yang disebut Polymethoxylated flavon (PMFs) juga memiliki potensi untuk menurunkan kolesterol lebih efektif dan tanpa efek samping daripada beberapa resep obat lainnya.
  • Serat jeruk untuk cegah diabetes. Serat dalam jeruk membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Karena itulah, jeruk aman dijadikan makanan selingan sehat bagi penderita diabetes. Gula buah alami dalam jeruk, fruktosa, dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap normal.
  • Kaya beta-cryptoxanthin. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan beta-cryptoxanthin, sebuah karotenoid dalam buah dan sayuran berwarna oranye-merah yang banyak ditemukan pada jeruk, jagung dan labu bisa menurunkan risiko serangan kanker paru-paru.

100 gram jeruk baby mengandung:

Kandungan NutrisiJumlah per 100 gram% AKG
Protein0.9 g1 %
Lemak0.1 g
Karbohidrat12 g4 %
Serat2.4 g6 %
Vitamin A225 IU7.5%
Vitamin B60.054 mg3 %
Vitamin B120.1 mg8 %
Vitamin C53 mg88 %
Kalsium40 mg4 %
Magnesium10 mg1 %

Sumber : wikipedia

•  Dimakan langsung setelah dicuci bersih dan dibuka dari kulitnya
•  Dibuat sebagai jus jeruk
•  Dimasukan kedalam salad hijau/buah
•  Dibuat menjadi bahan dasar membuat tart/kue/muffin/cupcakes
•  Ditambahkan diatas yoghurt/tart sbg topping

Recent Posts
Showing 2 comments
  • teddy
    Reply

    kalau mau beli harga per kilo berapa?minimal berapa kilo?

  • Wardimin
    Reply

    Siang Pak/ Bu. Berapa harga grosir tuk jeruk baby termasuk ongkos kirim ke Jakarta Barat? Terima kasih

Leave a Comment