Jeruk Baby Sahabat MPASI untuk Bayi

 In Fruitaholic

Momen paling menyenangkan saat menjadi seorang Ibu baru adalah saat anak mulai diperkenalkan dengan MPASI, inilah waktunya insting chef dan peramu seorang Ibu bekerja,  mencoba memperkenalkan semua rasa pada si kecil itu pengalaman yang menyenangkan.

Bayi yang memulai MPASI memang seharusnya diperkenalkan dengan rasa yang tidak terlalu kuat,  namun sebisa mungkin rasa manis,  asam,  asin,  mulai di cobakan pada sikecil.

Lalu apakah si kecil perlu dikenalkan dengan buah?  makanan awal yang pertama dikenalkan memang seharusnya yang mudah dicerna,  salah satunya buah,  tapi buah yang seperti apa ya?

Beberapa buah memiliki rasa yang terlalu manis atau terlalu asam,  dan ini akan membuat kaget indera perasa si kecil,  juga akan mengganggu sistem saluran cernanya.

Salah satu rekomendasi buah yang bisa diberikan untuk awal-awal MPASI ini Ibu bisa mencoba Jeruk Baby,  karena dari segi tekstur dan rasa jeruk ini sangat pas untuk lidah bayi yang baru mulai mengenal makanan,  apalagi kandungan vitamin C pada jeruk ini juga lumayan tinggi,  yang diharapkan menjadi asupan yang menstimulasi daya tahan tubuh,  tak hanya vitamin C sebenarnya yang terkandung didalam jeruk baby ini,  tapi juga vitamin B6 yang mampu menjaga tekanan darah agar tetap normal,  juga kandungan Antioksidan yang tinggi.

Bagaimana caranya memberikan jeruk baby ini untuk si kecil, ada beberapa pilihan sebenarnya tergantung dengan kreatifitas sang Ibu.

  • Diberikan airnya saja

Persiapkan 1-2  jeruk baby yang sudah matang, kupas kulitnya dan peras airnya, selanjutnya tempatkan dalam gelas dan beri sedikit madu,  ini bisa jadi minuman yang menyenangkan buat bayi,  berikan di jam makanan selingannya,  yaitu sekitar pukul 10 pagi dan 4 sore.

  • Diberikan bersama daging buahnya

Kalau untuk bayi yang sudah mulai agak besar,  usia 8 – 10 bulan,  bisa mulai diperkenalkan finger food, kupas jeruk baby dan potong melintang,  berikan pada anak,  biasanya si anak akan langsung merespon dengan memaaukkan kedalam mulutnya,  selalu awasi saat anak mengkonsumsi jeruk baby ini yah,  untuk menghindari resiko tersedak.

Finger food jeruk bayi ini selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya juga untuk melatih motorik anak.

Bila diberikan bersama daging buahnya maka kandungan serat pada jeruk baby ini akan semakin tinggi,  dan serat sangat dibutuhkan untuk menjaga saluran cerna anak.

  • Dicampur pasta pepaya

Rasa jeruk bayi yang manis segar memang paling cocok dipadukan dengan pepaya yang legit,  paduan kedua bahan ini juga tidak akan mengganggu perut bayi.

Siapkan 2-3 potong pepaya yang sudah dikupas bersih,  lalu haluskan dengan blender,  selanjutnya tambahkan air perasan jeruk baby ini kedalamnya,  aduk rata dan siap dinikmati si kecil.

Kebutuhan serat,  vitamin dan mineral akan tercukupi dari menu perpaduan dari kedua bahan ini.

  • Kombinasi jeruk baby dan labu parang.

Salah satu sumber karbohidrat yang baik untuk bayi adalah labu parang,  warna kuning pada labu parang ini juga mengandung betakaroten yang bagus untuk mata si kecil.

Persiapkan bahannya,  kukus 2-3 potong atau setara 50 gram labu parang sampai matang,  selanjutnya labu yang telah matang ini dihaluskan menggunakan blender,  selanjutnya tambahkan air perasan jeruk baby pada labu parang kukus yang telah dihaluskan ini.

Untuk menambah rasa bisa juga ditambahkan sedikit madu.

Kombinasi kedua bahan ini sangat bagus untuk membentuk imun tubuh anak,  keduanya juga sangat kaya dengan kandungan beta-cryptoxanthin yang bisa menurunkan resiko serangan kanker paru-paru.

  • Kombinasi mangga dan jeruk bayi

Mangga merupakan buah yang juga lumayan gampang diberikan untuk si kecil,  karena rasanya yang tidak terlalu menyengat dan aromanya segar.

Siapkan 2-3 potong mangga yang sudah matang,  pastikan sudah matang yah,  agar tidak terlalu asam dan mudah untuk dihaluskan.

Selanjutnya haluskan mangga dan tambahkan perasan air jeruk baby kedalamnya,  MPASI satu ini pasti akan jadi favorit bayi,  karena perpaduan keduanya pas sekali.

Sebenarnya masih banyak bahan makanan lain yang bisa dikombinasikan dengan jeruk baby ini,  tergantung dengan ketersediaan bahan dan kreatifitas Ibu,  dan pemberian MPASI yang bervariasi dan menyenangkan sangat baik untuk pemenuhan nutrisi si kecil.

Recommended Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.