Ingin hidup sehat? Menu makan ini baik untuk diet!

 In Fruitaholic

Banyak orang menganggap bahwa diet adalah program khusus untuk menurunkan berat badan, padahal kenyataannya tidak semua orang diet memiliki tujuan agar badan jadi kurus.

Ada lho, orang sakit melakukan diet supaya sehat. Tak sedikit pula orang kurus yang menjalani diet agar tubuhnya gemuk.

Menurut KBBI, diet diartikan sebagai aturan makanan khusus untuk kesehatan. Jelas sudah, bahwa untuk hidup sehat, yang paling penting adalah menjaga pola makan. Telah terpampang secara nyata, bahwa diet tujuan utamanya untuk menjaga kesehatan tubuh.

 

Menjalani diet ibarat kata sedang mencoba menjalani hubungan baik dengan mertua. Dih, analoginya kok begitu? Iya, biar mudah memahaminya, hehe..

Mengambil hati mertua butuh kesabaran dan keikhlasan batin. Dibutuhkan pendekatan yang terus menerus agar bisa memahami keinginan mertua. Begitu juga dengan diet. Tidak semua orang berhasil menjalani diet. Butuh pengaturan yang baik dan terprogram agar diet yang dijalani bisa berjalan sukses.

Bagi yang ingin hidup sehat, berikut ini adalah pola makan yang aman dan menyehatkan

Menu Makan Pagi Hari

Menurut perhatian saya, rata-rata orang males sarapan saat pagi hari. Entah karena diburu waktu sehingga tidak sempat sarapan, atau memang ingin mengurangi porsi asupan makan. Padahal sarapan itu penting, banyak pakar mengatakan bahwa sarapan dapat menjaga konsentrasi serta daya tahan tubuh. Walaupun sedang diet, sarapan harus tetap dijalani.

Saat pagi hari tubuh membutuhkan asupan gizi. Untuk program diet sebaiknya perbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat misalnya roti gandum dengan selai, susu dengan sereal, smoothies, pancake dengan madu, atau salad buah. Tidak hanya kaya vitamin, menu sarapan ini juga cukup mengenyangkan

Menu Makan Siang Hari

Setelah bekerja setengah hari, energi dan pikiran telah banyak terbuang. Agar tidak lemas, saat siang makanlah secukupnya. Tidak perlu mengurangi porsi makan, yang penting perut terasa kenyang.

Menu makan siang baiknya nasi merah dengan kacang-kacangan, nasi dengan kombinasi tumis sayuran seperti brokoli dengan potongan ayam. Untuk menambah asupan serat bisa ditambahkan dengan buah.

Makan siang sangat penting, walaupun sedang diet jangan sampai tidak makan siang.

Menu Makan Malam

Saat malam hari tubuh membutuhkan asupan kandungan makanan yang baik. Namun, banyak orang takut makan malam dengan alasan indikasi dapat menaikkan berat badan.

Malam hari memang waktu yang kritis terutama bagi yang sedang program diet ketat. Akan tetapi jika pengaturan menu dan jadwalnya tepat, masih ada celah untuk melakukan diet sehat.

Yang perlu digaris bawahi adalah jangan langsung tidur setelah makan. Beri jeda sejenak setidaknya 1-2 jam agar makanan diolah dulu oleh tubuh.

Mengatur pola makan malam bagi saya tidak susah, asalkan menunya tidak terlalu berat. Untuk makan malam saya biasanya memilih banyak sayuran, banyak air putih, dan banyak buah. Kadang-kadang, saat lapar banget, saya tambahkan dengan sedikit nasi.

Pengalaman saya makan malam dengan buah membuat perut terasa enteng, buang air lancar, tidur juga nyenyak.

Agar makam malam mengenyangkan, pilihlah jenis buah yang mudah kenyang seperti apel, nanas, pepaya, dan pisang. Oya, pepaya bagus lho untuk program diet karena pepaya mengandung sedikit kalori, lemak jenuh, dan kolesterol.

Nah, kata siapa diet sehat itu susah, yang susah justru ‘pedekate’ sama mertua! Hihi..

Recent Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.