HIIT Trend Olahraga Baru Dalam Membakar Lemak

 In Hobbies & Activity

Latihan kardio (kardiovaskular) atau yang sering disebut latihan aerobic adalah jenis olahraga yang paling mudah dan murah yang banyak memberikan kesehatan bagi tubuh kita khusunya bagi kesehatan bagi tubuh kita khususnya bagi kesehatan jantung dan kebugaran.

HIIT High Intensity Interval Training atau Latihan interval intensitas tinggi adalah bentuk latihan kardio yang menggunakan kombinasi antara latihan intensitas tinggi dengan intensitas sedang atau rendah dalam selang waktu tertentu salah satu latihan aerobik untuk membakar kalori dan meningkatkan kekuatan, daya tahan, dan kebugaran fisik.

Pelatihan interval ini dilakukan dengan interval yang tinggi selama 4 – 30 menit untuk latihan kardiovaskuler kemudian dilakuan bergantian dengan latihan intensitas rendah. Porsi melakukan latihan intensitas tinggi dan latihan intensitas rendah harus dilakukan dengan rentang waktu yang sama (Barlett, 2013).

Sebagai contoh latihan HIIT ialah dengan mengabungkan latihan sprint dengan jogging. Misalnya 60 detik anda melakukan lari-lari kecil santai kemudian setelah 60 detik dilanjut sprint selama 30 detik demikian seterusnya. Jenis latihan ini bisa anda lakukan dimana saja dan kapan saja seperti di jogging track atau di gym pada alat treadmill.

HIIT sangat efektif karena dengan HIIT meningkatkan kinerja jantung yang berimbas pada metabolisme tubuh yang juga meningkat tajam. Metabolisme di sini berkaitan dengan kemampuan tubuh untuk mengubah lemak menjadi energi. Selain metabolisme disaat latihan meningkat, pada saat istirahat pun metabolisme tersebut ikut meningkat pula sehingga dalam keadaan istirahat pun tubuh kita tetap dalam kondisi membakar lemak.

Kelebihan lain dari HIIT adalah disamping meningkatkan pembakaran lemak, HIIT juga mampu menjaga massa otot, sehingga otot tidak ikut hilang bersama pembakaran lemak. HIIT sangat cocok bagi anda yang sedang menjalankan program fitnes cutting. Dengan HIIT dapat menghasilkan otot yang kering bebas lemak padat dan berisi.

Kunci dari metode latihan ini adalah penggabungan intensitas latihan yang tinggi dengan intensitas rendah atau sedang dengan jeda waktu tertentu, jangan lupa juga untuk mempersiapkan diri dengan melakukan pemanasan sebelum berlatih dan pendinginan setelahnya. Yang terakhir, sisipkanlah waktu istirahat untuk proses recovery badanmu.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari jenis latihan ini harus didukung dengan faktor lain selain latihan itu sendiri yaitu mengatur pola makan yang teratur dan seimbang. Mengurangi makanan yang berlemak, memperbanyak minum air putih, dan yang terpenting adalah niat dan motivasi Fruitaholic harus selalu terjaga. Selamat mencoba!

Recommended Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.