Guava Sebagai Sumber Vitamin C Terkaya

 In Fun Fact

Vitamin C merupakan suplemen yang sangat penting bagi tubuh manusia. Fruitaholic dianjurkan mengkonsumsi sebesar 30-60 mg per hari. Diantara kegunaan vitamin ini yaitu sebagai senyawa utama tubuh yang dibutuhkan dalam berbagai proses penting mulai dari pembuatan kolagen, pengangkut lemak, sampai dengan pengatur tingkat kolesterol.

Khasiat penting dari vitamin C itulah, yang membuat vitamin ini diproduksi dalam bentuk kemasan tablet. Akan tetapi banyak persepsi orang yang salah dengan sumber vitamin C dalam bentuk alami. Kebanyakan orang mengira bahwa buah yang paling banyak mengandung vitamin C adalah jeruk. Padahal kandungan vitamin C pada jeruk jauh lebih sedikit dari pada jambu biji.

setelah ditemukannya penelitian yang mengungkapkan bahwa jambu biji mengandung banyak vitamin C, zat antioksidan dan antikanker yang berguna bagi kesehatan diantaranya menurunkan kadar kolesterol darah, mengobati infeksi, mengobati sariawan, memperlancar peredaran darah, melancarkan saluran pencernaan, mencegah kontipasi dan menyembuhkan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), kini sebagian masyarakat cenderung mengkonsumsi buah ini dalam jumlah banyak.

Sumber dan Fungsi

Sumber vitamin C alami terutama berasal dari buah-buahan dan sayur-sayuran, seperti jambu biji, nanas, jeruk, tomat, mangga dan sirsak.
Vitamin C dapat membantu metabolisme protein, pembentukan jaringan kolagen, dan penyerapan zat besi. Vitamin C sering digunakan untuk melindungi sel darah putih dari enzim yang dilepaskan saat dicerna bakteri yang telah ditelannya. Fungsi lain dari vitamin C adalah sebagai antioksidan, penghasil senyawa transmitter saraf dan hormon tertentu,membantu memperbaiki sel tubuh dan meningkatkan kerja enzim sebagai faktor penyerap dan pengguna zat gizi lainnya.

Vitamin C dapat meningkatkan daya tahan tuuh terhadap infeksi, kemungkinan karena pemeliharaan terhadap membran mukosa atau pengaruh terhadap fungsi kekebalan.
Vitamin C diperlukan pada pembentukan zat kolagen oleh fibroblast hingga merupakan bagian dalam pembentukan zat intersel. Keadaan kekurangan vitamin C akan mengganggu integrasi dinding kapiler. Vitamin C diperlukan juga pada proses pematangan sel darah dan pada pembentukan tulang dan dentin. Vitamin C mempunyai peranan penting pada respirasi jaringan

Jadi Jika Fruitaholic mencari sumber vitamin C alami dan enak dikonsumsi, selalu ingat guava atau Jambu biji ya.

Recommended Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.