Your Trusted 24 Hours Brook Service Provider !
Fakta Nutrisi yang Dikandung Nanas

Fakta Nutrisi yang Dikandung Nanas

357708432246sunpride-nanas-honi-2 Buah nanas kadung populer dengan vitamin serta mineral yang dikandungnya. Maka jangan heran jika buah yang satu ini bisa menjadi solusi beberapa masalah kesehatan seperti batuk-pilek, kesehatan gusi, kesehatan tulang, dan sebagainya. Nanas/Ananas comosus sendiri tergabung dalam keluarga Bromeliaceae dan menjadi salah satu buah yang memiliki senyawa sangat penting bagi kesehatan. Nah, berikut ini adalah fakta nutrisi yang terkandung dalam buah nanas :
  1. Buah nanas segar termasuk buah yang rendah kalori. Meski demikian, buah nanas merupakan gudang kesehatan yang mempromosikan senyawa, mineral, dan vitamin penting untuk kesehatan yang optimal.
  2. 100 gram buah nanas menyediakan sekitar 50 kalori setara buah apel. Dagingnya tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol, namun buah nanas kaya akan serat larut dan tidak larut seperti pectin.
  3. Buah nanas mengandung enzim bromelain proteolitik yang mencerna makanan dengan memecah protein. Enzim ini juga memiliki anti-inflamasi, anti pembekuan, dan anti kanker. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi nanas secara rutin dapat membantu melawan serangan arthritis dan gangguan pencernaan.
  4. Nanas segar adalah sumber antioksidan vitamin, terutama vitamin C. Seratus gram buah nanas mengandung 80 persen vitamin C. Vitamin C diperlukan untuk sintesis kolagen dalam tubuh. Kolagen sendiri adalah protein struktural utama dalam tubuh yang diperlukan untuk menjaga integritas pembuluh darah, kulit, organ, dan tulang. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan Vitamin C membantu tubuh dari penyakit kudis, mendongkrak imunitas, dan menghadang radikal bebas.
  5. Bukan hanya vitamin C, buah nanas juga mengandung vitamin A dan beta karoten walaupun jumlahnya tidak banyak. Senyawa ini diketahui memiliki sifat antioksidan. Vitamin A juga diperlukan menjaga selaput lendir yang sehat, untuk kulit, dan penting bagi kesehatan mata. Studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah  nanas yang kaya akan flavonoid membantu melindungi paru-paru dan kanker rongga mulut.
  6. Selain itu, buah nanas juga kaya akan kandungan B-kompleks seperti folates¸thiamin, pyridoxine, riboflavin, dan mineral seperti tembaga, mangan, dan kalium. Sebagai catatan, kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh dan membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah. Tembaga merupakan kofaktor yang bermanfaat untuk sintesis sel darah merah.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *