Your Trusted 24 Hours Brook Service Provider !
Dari Daging Hingga Kulit Jeruk Banyak Manfaat

Dari Daging Hingga Kulit Jeruk Banyak Manfaat

39dari-daging-hingga-kulit-jeruk-banyak-manfaat Bagi yang suka makan buah jeruk, pasti bukan rahasia lagi dong kalo khasiat buah ini sangat banyak. Tidak hanya buah atau daging nya saja yang banyak memiliki manfaat, namun kulit buah jeruk ini juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Setidaknya untuk buahnya sendiri memiliki 13 manfaat kesehatan. Seperti mencegah Kanker, mencegah penyakit Batu Ginjal. Menurunkan resiko Kanker Hati, menurunkan Kolestrol, menjaga Kesehatan Jantung, dan penyakit lainnya yang dapat ditangkal. Karena buah jeruk kaya akan vitamin C, yang dapat melindungi sel dari serangan radikal bebas. Sehingga macam penyakit mampu ditangkal oleh buah yang satu ini. dan dalam beberapa penelitian membuktikan, kalau kadar polyphenol dalam buah jeruk mampu melawan infeksi virus yang menyerang tubuh. Sedangkan kulit jeruk saat ini sudah diyakini memiliki nutrisi yang baik untuk kulit dibandingkan kulit buah lainnya. menurut Rebecca Wood, penulis buku “The New Whole Foods Encylopedia”, “Satu buah jeruk beserta kulitnya memiliki lebih dari 60 flavonoids dan 170 fitonutrein yang berbeda,” ujarnya yang dikutip oleh Times of India (26/4) Berikut ini beberapa manfaat kulit jeruk dan bagaimana olahannya;
  1. Kulit jeruk dapat mencegah mabuk perjalanan. Caranya satu jam sebelum naik mobil, ambilah secuil kulit jeruk yang segar terus dekatkan ke hidung dan hiruplah aroma jeruk dikulitnya. Setelah naik mobil, terus hirup minyak kulit jeruk tersebut untuk mencegah mabuk perjalanan.
  2. Mencegah frostbite (radang dingin). Bakalha beberapa kulit jeruk dan giling sampai mejadi bubuk, campurkan dengan minyak sayur dan oleskan ke daerah yang bengkak karena cuaca dingin tersebut.
  3. Mengobati radang pada saluran paru-paru kronis. Tarulah 5 sampai 15 gram kulit jeruk ke dalam gelas, tambahkan air yang mendidih untuk membuat segelas teh kulit jeruk. Minumlah sesering mungkin.
  4. Mengobati batuk. Tarulah 5 gram kulit jeruk ke dalam 2 gelas air dan rebus selama 10 – 15 menit kemudian tambahkan beberapa jahe dan gula merah. Minumlah selagi hangat.
  5. Mengobati konstipasti (sembelit. Rebus 12 gram kulit jeruk segar atau 6 gram kulit jeruk kering dengan air untuk 10 sampai 15 menit. Minumlah 2 kali sehari untuk mencegah sembelit (susah buang air besar).
  6. Mengobati sakit pada waktu bangun, usai minum minuman keras. Rebuslah 30 gram kulit jeruk segar dengan air untuk 15 – 20 menit, tambahkan sedikit garam dan minumlah.
  7. Mengobati sakit geraham. Terulah sepotong kecil kulit jeruk yang segar ke dalam mulut Anda selama 10 menit sebelum tidur. Tetaplah biarkan di dalam sampai Anda merasa kurang nyaman.
  8. Merawat dan mengobati gigi sensitif. Jika gigi anda menjadi terasa sensitif setelah makan jeruk, tarulah kulit jeruk ke dalam gelas dan tambahkan air mendidih, tutup gelasnya selama 5 menit sampai 10 menit kemudian minum.
  9. Menghilangkan bau mulut. Kunyahlah sepotong kulit jeruk yang segar.
  10. Mengobati radang pankreas. Rebus 30 gram kulit jeruk dan 10 gram licorice (akar manis) dengan air.
Masih banyak kegunaan kulit jeruk untuk kesehatan. Bahkan beberapa orang juga menggunakan kulit jeruk untuk kecantikan tubuh. Karena kulit jeruk dapat menyeimbangkan produksi minyak pada kulit, sehingga membuat kulit menjadi halus dan lembut. Kulit jeruk juga berperan sebagai exfoliator alami yang dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan komeda dengan lembut dan alami. Sehingga membuat kulit semakin bersinar.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *