Buah Yang Cocok Untuk Berbuka Puasa

 In Fruitaholic, Health & Beauty Info

Buah yang Cocok untuk Berbuka Puasa – Salam sehat, Fruitaholic! Senangnya karena bisa berbagi seputar informasi bermanfaat. Apalagi saat ini berkenaan dengan bulan Ramadhan, meski tinggal menghitung hari. Justru tidak sedikit yang tumbang di penghujung Ramadhan karena kurangnya pengetahuan sebelum memasuki bulan suci penuh berkah ini.

Tepat sekali karena kali ini saya ingin berbagi seputar buah yang cocok untuk berbuka puasa. Kalau kemudian saya ditanya biasanya buka puasa pakai apa? Maka saya akan langsung menjawabnya dengan air putih (selanjutnya ditulis: air mineral) yang dingin, hehe. Alasannya adalah mengembalikan asupan air yang sudah berkurang selama sekitar 12 jam tidak minum dan makan. Setidaknya mencegah dehidrasi berlebihan.

Buah yang Cocok untuk Berbuka Puasa

Kebiasaan berbuka dengan air mineral lebih dahulu itu awalnya saya ketahui dari alm. Bapak saat saya masih belajar berpuasa dulu. Kemudian setelah air mineral, tidak langsung mengkonsumsi makanan berat. Cukup takjil ringan seperti kue-kue, es buah bahkan deretan camilan yang biasa disebut sebagai jajanan pasar pun bermunculan.

Nah, karena sudah memahami tentang manfaat buah bagi orang yang berpuasa, maka saya akan selalu excited jika mama atau siapa saja menyajikan menu berbuka puasa berupa es buah. Dan tahu sendiri kalau es buah itu dibuat dari berbagai jenis buah-buahan lokal, ye kan? Untuk itu, berikut ada beberapa buah yang cocok untuk berbuka puasa:

  • Pepaya atau bahasa latinnya Carica papaya; manfaat buah satu ini sudah sangat dikenal seantero jagad raya. Biasanya yang sulit dalam hal metabolisme (baca: buang air besar), maka papaya adalah satu-satunya buah yang paling dicari sebagai solusi. Manfaat ini pun sangat pas bagi kita yang sudah seharian berpuasa, feses menjadi lebih agak padat sehingga ada yang sudah merasa kesulitan karena seharian kurang mengkonsumsi air. Di samping itu, Pepaya juga mengandung vitamin A yang sangat bagus untuk kesehatan indera penglihatan kita.
  • Pisang atau bahasa latinnya Musa paradisiaca; buah yang berbentuk panjang dan berwarna kuning ketika matang ini adalah salah satu buah kesukaan saya. Apalagi jika pisang-nya berjenis Cavendish, sudah pasti rebutan dengan anak dan suami. Soalnya sama-sama suka pisang. Manfaat buah pisang pun tidak sembarangan dan sangat disarankan untuk selalu dikonsumsi saat berbuka puasa atau sahur. Alasannya adalah dalam setiap 100 gram pisang terdapat 136 kalori yang akan menjadi sumber energi (karbohidrat) tubuh meskipun prosesnya tidak seketika langsung dihasilkan saat dikonsumsi. Dan sebagai referensi, saya mengkonsumsi pisang di saat berbuka puasa untuk menghindari kantuk sehingga bisa tetap lanjut ibadah shalat tarawih.
  • Apel atau bahasa latinnya Malus domestica; siapa sih yang tidak suka dengan buah apel? Rasanya hampir semua akan mengatakan suka, apalagi untuk apel yang dengan kulit berwarna merah. Perlu diketahui bahwa manfaat buah apel (yang jika langsung dikonsumsi dengan kulitnya sekaligus) akan sangat baik karena mampu memberikan rasa kenyang lebih cepat. Sehingga bisa memberikan jeda sesaat bagi organ pencernaan untuk bekerja berat. Ibadah pun jadi ringan dilakukan karena perut tidak terlalu penuh dengan makanan berbuka puasa. Di samping itu, buah Apel juga dikenal sebagai penghasil senyawa yang mampu melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, dimana kita tahu sendiri bahwa radikal bebas ini menjadi pemicu penyakit mematikan nomor satu di Indonesia (baca: kanker).
  • Semangka atau bahasa latinnya adalah Citrullus lanatus; buah satu ini memang paling sering dijumpai dimanapun. Tidak hanya dalam skala rumah tangga, sekelas hotel bintang lima pun tidak pernah absen menyajikan buah semangka sebagai salah satu menu hidangan. Kandungan air dari buah Semangka membuat siapa saja yang mengkonsumsi akan merasakan kesegaran luar biasa, apalagi setelah berpuasa seharian. Hanya saja jika dikonsumsi berlebihan, akan memberikan efek buang air kecil menjadi sangat lancer. Buah Semangka juga tidak hanya tumbuh dengan varietas daging buah berwarna merah, tetapi juga ada yang berwarna kuning.
  • Mangga atau bahasa latinnya adalah Mangifera indica; dikonsumsi langsung tanpa diolah menjadi rujak, campuran es buah atau manisan, buah Mangga tetap enak. Kandungan vitamin C-nya yang hampir 46% per 100 gram daging buahnya sangat penting untuk tubuh. Apalagi saat berpuasa, kondisi harus tetap fit. Mengkonsumsi buah Mangga saat berbuka mampu menjadikan jumlah vitamin C dalam tubuh tetap terjaga.

Well… itulah beberapa buah yang cocok untuk berbuka puasa dan telah dicoba berdasarkan pengalaman pribadi. Memang masih ada beberapa buah yang lain tetapi paling dominan dan sering dijumpai adalah buah-buahan yang sudah saya sebutkan di atas. Bagaimana teman-teman fruitaholic, masih sanggup puasanya? Harus sanggup dong.

Recent Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.