Buah Yang Baik Untuk Menurunkan Resiko Darah Tinggi

 In Health & Beauty Info

Darah tinggi atau hipertensi yaitu suatu kondisi di mana tekanan darah seseorang lebih dari normal, yaitu lebih dari 140/90 mmHg pada pengukuran tensinya. Darah tinggi dapat menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya, yang paling utama adalah penyakit jantung, gagal ginjal, dan stroke.

Banyak faktor yang dapat menimbulkan darah tinggi, antara lain yaitu faktor genetik, pola makan yang banyak mengandung lemak dan garam, berat dadan berlebih (obesitas), kurangnya aktifitas fisik (olahraga), kebiasaan mengkonsumsi rokok dan alkohol, dan stres. Banyak orang yang tidak menyadari menderita darah tinggi sampai akhirnya menimbulkan komplikasi yang lebih parah. Oleh karena sebelum berakibat fatal, darah tinggi harus dikendalikan dan ditangani sedini mungkin.

Buah Untuk Darah Tinggi

Melon
Melon adalah sumber yang sangat baik dari vitamin A, vitamin C, thiamin dan kalium. Satu cangkir melon (173 g) mengandung 484 mg kalium, ini setara dengan 14 persen dari nilai kebutuhan harian yang direkomendasikan. Melon juga merupakan sumber yang baik dari magnesium, asam folat dan vitamin B6.
Bersumber dari: 11 Buah Penurun Darah Tinggi (Hipertensi) – Mediskus

Alpukat
Setengah potong buah alpukat memberikan 1% kalsium, 5% magnesium, dan 10% kalium yang kita butuhkan setiap hari. Selain mengandung mineral yang dapat menurunkan darah tinggi, buah alpukat juga kaya lemak tak jenuh tunggal yang sehat bagi jantung.

Buah kiwi
Satu buah kiwi berukuran sedang menyediakan 2% kalsium, 7% magnesium, dan 9% kalium yang kita butuhkan setiap hari. Memang buah ini jarang tersedia di pasar tradisional, tapi dapat dengan mudah kita temui di supermarket. Selain itu, buah kiwi juga kaya akan vitamin C, bahkan dengan ukuran yang sama lebih banyak kandungan vitamin C nya daripada jeruk.

Pisang
Satu buah pisang ukuran sedang menyediakan 1% kalsium, 8% magnesium, dan 12% kalium yang kita butuhkan setiap hari. Kadar kalium yang tinggi inilah yang baik untuk menurunkan tekanan darah. Makanlah 2 buah pisang setiap hari untuk hasil terbaik. Tambahkan satu pisang (ketiga) untuk mencegah penyakit stroke, dan membantu bagi mereka yang memiliki riwayat keluarga stroke.

Jeruk
Aneka macam jeruk merupakan buah-buahan yang terkenal karena kandungan vitamin C, artinya ini merupakan makanan tinggi nutrisi dan rendah kalori. Dengan kandungan kalium sebanyak 326 mg dan tidak mengandung natrium, maka ini merupakan salah satu buah penurun darah tinggi terbaik. Lemon juga merupakan sumber potasium yang baik, kalsium, fosfor, vitamin A dan folat.

Buah Anggur
Pilihlah buah anggur yang matang untuk rasa dan kualitas terbaik. Bioflavonoid yang ada dalam anggur tidak hanya membantu menurunkan tekanan darah tinggi tetapi juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Anggur sebanyak 123 g mengandung 166 mg kalium dan ini memenuhi 5 persen dari nilai harian kalium yang direkomendasikan.

Jambu Biji
Buah jambu ini memiliki kadar kalium yang tinggi, kaya serat alami. Dengan demikian, buah jambu bisa menurunkan darah tinggi dan membantu melancarkan pencernaan sehingga membatu juga dalam upaya meurunkan berat badan.

Apel
Buah ini mengandung zat penurun darah tinggi, yaitu possatium dan pectin. Selain membantu menurunkan tensi, juga bagus untuk menurunkan kolesterol. Tetapi, beberapa peneliti di Kanada menemukan bahwa lapisan kulit apel luar mengandung sejumlah zat alami yang mampu mengendalikan tekanan darah tinggi.

Selain mengonsumsi buah-buahn di atas, Anda juga harus menghindari makanan pantangan darah tinggi sehingga hipertensi dapat terkontrol dan meminimalisir komplikasi, seperti stroke, gagal jantung, gagal ginjal dan lain-lain.

Recommended Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.