Buah Sebagai Penurun Kolesterol Jahat

 In Health & Beauty Info

Tentu banyak yang akan Fruitaholic lakukan untuk menjaga keseimbangan kolesterol, terutama jika telah terdeteksi dalam keadaan tinggi. SAlah satunya adalah dengan cara menjaga pola makan yang sehat dan tetap berolah raga. Makanan sehat memang banyak jenisnya, seperti dengan mengkonsumsi buah. Meskipun kebanyakan buah memang baik untuk tubuh, ada beberapa buah yang lebih cocok untuk Fruitaholic yang memiliki indikasi kolesterol tinggi.

Berikut daftar buah yang dapat membantu Fruitaholic menurunkan kadar kolesterol

1. Guava
Guava mengandung banyak vitamin C, vitamin E, flavonoid, karotenoid, likopen, dan selenium yang semuanya berperan penting dalam menurunkan kolesterol. Antioksidan flavonoid yang mampu menurunkan kolesterol jahat LDL dan trigliserida.

2. Jeruk Lemon
Lemon mengandung vitamin C yang tinggi, yakni dalam 1 cangkir jus lemon segar memiliki 94 miligram. 1 cangkir lemon mentah mengandung 112 miligram vitamin C. Vitamin C dalam lemon akan mengurangi produksi apo-B yaitu sejenis zat yang memicu bertambahnya kolesterol dalam darah. Dalam buag lemon juga terkandung antioksidan yang berkontribusi mengurangi oksidan LDL.

3. Buah Pir
Buah Pir merupakan sumber serat larut air yang sangat baik Karena itu, pir menjadi salah satu buah penurun kolesterol. Pektin dalam pir juga membantu pemebersihan usus dan melancarkan buang air besar.

4. Pisang
Pisang merupakan sumber serat makanan yang dapat membantu mengurangi low-density lipoprotein – LDL atau kolesterol “jahat”. Selain itu, kalium dalam pisang juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, dan pada gilirannya, dapat menurunkan kolesterol jahat dan menyehatkan jantung.

5. Buah Naga
Selain rasanya yang enak, buah ini mampu menurunkan kolesterol karena mampu mengikat kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Jika keberadaan kolestrol ini tetap ada di dalam tubuh, bisa mengganggu sistem metabolisme dan peredaran darah. Efek jangka panjangnya adalah menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

6.Apel.
Apel memiliki zat beta-glucan yang berperanan dalam mengontrol produksi kolesterol. Sumber serat larut yang menurunkan kolesterol mencebgah arteri mengeras serta melindungi tubuh terhadap serangan jantung dan stroke. Konsumsi apel secara rutin akan menunjukan penurunan kolesterol jahat (LDL) dan peningkatan kolesterol baik (HDL).

Recent Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.