Buah Pepaya dan Nostalgia

 In Fruitaholic

Buah Pepaya, Buah kesayangan

Buah pepaya, menjadi buah yang cukup saya gemari. Selain murah meriah, gampang didapatkan, ketersediaannya tidak mengenal musim.

Perhatikan saja, setiap hari bisa kita dijumpai buah pepaya. Mulai dari pasar tradisional, pedagang keliling, tukang sayur, tukang buah pdi inggir jalan, pasar modern, sampai Supermarket.

Sejak masa kanak di kampung, saya terbilang akrab dengan buah pepaya. Kebun ayahanda, berada persis di samping rumah, tumbuh dua pohon pepaya ukuran sedang.

Pohon itu tumbuh, tanpa ditanam khusus. Musababnya, ibu pernah membuang biji pepaya di kebun. Tanpa disangka, biji itu menjelma menjadi pohon kecil. Tak perlu pemeliharaan khusus, pohon kecil itu membesar.

Sejak saat itu, Ibu nyaris tidak pernah membeli pepaya di pasar. Buah dari dua pohon di kebun, sudah lebih dari cukup, memenuhi keinginan makan pepaya.

Saya masih ingat, saat buah pepaya mulai matang. Kulit yang semula hijau, berubah merah kekuningan, ranum merona dan bergelantungan. Seolah memanggil empunya, segera menjemput dan memetik.

Sebagai bungsu, perawakan badan ini paling kecil. Mendapat tugas memanjat, tugas yang tidak terlalu berat. Pada dasarnya, si ragil memang hoby memanjat.

Rasa pepaya yang manis dan segar, menjadi alasan jatuh hati. Tekstur yang empuk kaya serat, membuat tidak kesulitan mengunyah.

Sedari kecil, saya punya cara praktis konsumsi pepaya. Yaitu mengeruk daging buah, menggunakan ujung sendok. Kebiasaan mengeruk daging pepaya, membebaskan saya, dari mengupas buah pepaya.

-0-

Pepaya Sunpride

Sewu Segar Nusantara (SSN), perusahaan yang berkomitmen untuk menawarkan ketersediaan buah sepanang tahun. SSN terkenal dengan brand Sunpride, khusus Pepaya, Sunpride memiliki Pepaya California.

Meski memakai nama California, pepaya jenis ini sejatinya asli Indonesia. Ditemukan oleh dosen IPB, kemudian dikembangbiakan, hingga sampai di meja makan kita di rumah.

Dalam sebulan, pohon pepaya California bisa panen sampai empat kali. Satu pohon, menghasilkan 2 hingga 3 buah sekali panen.

Pepaya California Sunpride, ditanam di perkebunan group SSN di Lampung, selain itu juga kerjasama dengan petani lokal, yang tersebar di seluruh Indonesia.

Seiring bergulirnya waktu, pemahaman saya semakin bertambah. Terbuka pencerahan, betapa kandungan pepaya sangat luar biasa. Pepaya sumber makanan kaya nutrisi, cocok bagi siapapun yang ingin menerapkan gaya hidup sehat.

Tahukah Fruitaholic, pepaya kaya manfaat lho.

  • Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata
  • Kaya serat untuk memperlancar pencernaan khususnya bagi yang sulit buang air besar.
  • Meningkatkan sistem imun/ kekebalan tubuh,
  • Mempercantikan kulit
  • Membantu melarutkan sel kulit mati,
  • Membuka pori-pori tersumbat sehingga wajah tampak segar dan cerah.

Konsumsi pepaya atau buah lainnya, sebaiknya sebelum makan berat.  Buah-buahan, pada umumnya mengandung gas. mengonsusmi setelah makan berat, bisa memicu perut kembung.

Menikmati buah sebelum makan berat, ternyata banyak keuntungan didapatkan tubuh.  Konon, cara ini cukup efektif, serat buah bisa menekan nafsu makan. Selain itu, nutrisi bisa diserap tubuh secara sempurna.

wawasan baru tentang buah kegemaran, membuat saya semakin jatuh suka. Buah pepaya, tetap menjadi buah favorit sepanjang usia.

Recommended Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.