Your Trusted 24 Hours Brook Service Provider !
Buah-buahan untuk Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut, Ini Jawabannya!

Buah-buahan untuk Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut, Ini Jawabannya!

Menjaga kesehatan gigi dan mulut dapat dilakukan dengan cara menyikat yang benar dan rutin. Tahukah kamu, mengonsumsi asupan bergizi juga tidak kalah penting dengan berbagai nutrisi dan manfaat, seperti buah. Kandungan antioksidan pada buah dapat membantu melindungi gusi maupun jaringan mulut lainnya dari kerusakan sel ataupun infeksi bakteri. Apa saja buah yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut? Simak yuk!

 

  1. Lemon 

Kandungan vitamin C pada Lemon dapat mencerahkan gigi dan kandungan asam sitratnya mampu melawan bakteri dalam mulut. Untuk lemon, kamu bisa potong hingga menjadi 2 bagian. Satu bagian lemon dioleskan secara langsung ke gigi yang kuning, lalu sikat perlahan menggunakan sikat gigi. Peraslah satu bagian lemon lain dan gunakan untuk berkumur. Hal ini dapat membantu membuat gigi lebih putih, menjaga kesehatan mulut, serta menghindari sariawan dan bau mulut.

 

  1. Apel 

Fruitaholics dapat memanfaatkan apel untuk memutihkan gigi atau mengurangi plak gigi. Caranya dengan memakan buah apel secara langsung setelah makan. Mengunyah apel mampu merangsang saliva lebih banyak untuk membantu menetralkan asam, mengurangi kerusakan gigi, dan bakteri di dalam mulut. Tidak hanya itu, buah apel juga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan gigi karena mengandung antioksidan yang tinggi sehingga membantu mencegah gusi dan jaringan sekitarnya dari kerusakan dan infeksi bakteri.

 

  1. Pisang 

Mengonsumsi buah pisang secara rutin yang. kaya akan serat, serta mengandung vitamin C dan B6 dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, termasuk gigi.

Pisang juga rendah asam, serta mengandung mineral, seperti kalium, mangan, dan magnesium sehingga terkenal sebagai buah yang baik untuk memperkuat gigi.

Kulit pisang dapat membersihkan noda plak kuning pada gigi. Caranya adalah dengan menggosokkan kulit pisang selama 2-3 menit pada gigi, kemudian sikat gigi seperti biasa.

 

  1. Jeruk

Vitamin C dalam jeruk mandarin berfungsi untuk membantu memproduksi saliva dan menguatkan pembuluh darah pada rongga mulut, hal ini dapat membantu mengurangi bakteri mulut. Selain itu, vitamin C bermanfaat untuk membantu mencegah radang gusi dan sariawan. Untuk membantu memutihkan gigi, caranya adalah dengan berkumur dan sikat gigi. Lalu gosokkan kulit bagian dalam dari jeruk yang masih segar secara merata pada gigi. Ulangi proses minimal 2 kali seminggu sebelum tidur.

 

Jika mengonsumsi buah dengan asam yang tinggi, tidak disarankan langsung menggosok gigi sekitar 30 menit hingga 1 jam agar lapisan email tidak terkikis.

Yuk jaga kesehatan gigi dengan rutin menggosok gigi secara benar, lakukan pemeriksaan setiap enam bulan sekali, dan konsumsi asupan bergizi, seperti buah-buahan! 

 

Sumber:

https://www.sunpride.co.id/4-cara-alami-memutihkan-gigi/

https://www.sunpride.co.id/10-manfaat-kesehatan-apel-malang/

https://www.sunpride.co.id/manfaat-buah-pisang/

https://www.merdeka.com/jabar/7-jenis-buah-untuk-atasi-bau-mulut-segar-dan-mudah-didapat-kln.html

https://hot.liputan6.com/read/4446740/10-buah-yang-baik-dikonsumsi-untuk-menjaga-kesehatan-gigi

https://www.klikdokter.com/info-sehat/gigi-mulut/deretan-buah-terbaik-untuk-menjaga-gigi-tetap-sehat

 

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *