Buah-buahan Tepat Untuk Menurunkan Berat Badan

 In Health & Beauty Info

Kandungan serat dianggap bisa membantu siapa pun yang berniat menurunkan berat badan untuk bisa merasa kenyang lebih lama. Selain itu, berlimpahnya kandungan vitamin dan mineral menempatkan buah dalam posisi istimewa sebagai penunjang diet.

Tahukah Fruitaholic jika beberapa buah ternyata bisa mempercepat program penurunan berat badan? Beberapa buah ada yang memiliki kandungan serat dan pectin yang jauh lebih tinggi jumlahnya dibanding buah-buahan lain. Serat dan pectin ini merupakan zat yang efektif bisa membakar lemak di dalam tubuh secara alami sehingga bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Apel
Buah ini adalah camilan yang tepat bagi siapa pun yang sedang menjalani program menguruskan badan. Sebuah apel rata-rata mengandung 5 gram serat dan 85 persennya adalah air. Kandungan tinggi air dan serat inilah yang menjaga gula darah bisa tetap stabil sehingga mencegah seseorang cepat lapar.

Kelebihan lain yang dimiliki apel adalah mengandung flavonoid bernama quercetin. Kandungan ini penting karena diprediksi efektif dalam melawan kanker tertentu, mengurangi kerusakan kolesterol, dan membantu menyehatkan paru-paru.

Alpukat
Alpukat mengandung lemak baik berupa asam oleat yang merupakan lemak tidak jenuh tunggal. Banyaknya kandungan lemak baik dalam buah ini bermanfaat untuk menunda lapar. Kemampuannya dalam membantu mengontrol kadar gula darah membuat yang mengonsumsinya merasa kenyang lebih lama. Lemak jenis ini juga diprediksi baik bagi kesehatan jantung serta mampu menormalkan pembekuan darah.

Selain kandungan lemak baik yang tinggi, avokad juga kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Dalam satu setengah buah avokad, mengandung sekitar 4,6 gram serat, folat, dan vitamin B6. Di dalamnya juga terkandung kalium dalam jumlah yang cukup banyak, yaitu sekitar 345 mg.

Pisang
Untuk menurunkan berat badan, pisang bisa direkomendasikan sebagai makanan sehat yang bisa menunda rasa lapar sekaligus meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, pisang adalah buah yang bebas lemak, kolesterol, dan natrium, namun tetap kaya akan vitamin dan mineral.

Jeruk Lemon
Jeruk lemon dikenal kaya manfaat, salah satunya untuk diet. Buah ini bermanfaat untuk detoksifikasi dan juga memperlancar peredaran darah. Selain itu juga dapat membersihkan kolesterol jahat di dalam tubuh dan memperlancar pencernaan, sehingga dapat menurunkan berat badan dengan sehat. Mengonsumsi jeruk lemon juga akan mengurangi rasa lapar, yang membuat porsi makan Anda selama diet lebih terjaga. Buah yang baik untuk diet ini bisa dikonsumsi dengan cara dibuat minuman jeruk biasa (tanpa gula) atau dengan dibuat infused water.

Buah Pear
Buah untuk diet berikutnya adalah pear. Buah ini memiliki banyak kesamaan dengan apel dalam manfaatnya untuk diet, pear mengandung banyak serat yang kadarnya lebih tinggi dibandingkan kebanyakan buah lainnya. Peran serat dalam buah pear ialah dapat membuat perut terisi lebih lama sehingga membantu kita merasa kenyang lebih lama dan tidak cepat lapar.

Nanas
Buah yang baik untuk diet berikutnya adalah buah nanas. Nanas dapat mengontrol lemak dalam tubuh. Buah ini bebas dari kandungan kolesterol dan lemak sehingga cocok untuk diet yang sehat dan seimbang. Nanas mengandung 85% air sehingga tidak memberikan kalori bagi tubuh. Lainnya, nanas juga mengandung serat, vitamin, mineral serta antioksidan yang berguna bagi tubuh. Mengkonsumsi buah ini dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Pepaya
Buah pepaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buah manis dan lembut ini mengandung serat yang banyak yang membantu melancarkan proses pencernaan tubuh. Buah ini juga mengandung gula yang sedikit sehingga tidak memberikan banyak kalori pada tubuh, membuat ini sebagai buah yang baik untuk diet. Selain itu, pepaya mengandung banyak vitamin C, flavonoids dan carotene.

Kiwi
Kiwi bisa menjadi solusi diet, karena di dalam buah kiwi, terkandung serat yang cukup tinggi. Begitu juga dengan biji buah kiwi tersebut memiliki kandungan serat lebih tinggi. Makanan kaya serat ini akan membantu proses pencernaan di dalam tubuh. Selain serat yang tidak mudah dicerna, kiwi juga mengandung serat mudah dicerna yang akan mendorong rasa kenyang lebih cepat. Dan, ini sangat cocok bagi yang sedang dalam program diet.

Buah Mangga
Buah mangga mengandung 130 kalori, vitamin C, 3 gram serat, kalsium dan vitamin A. Sebagai tambahan, buah mangga juga mengandung sedikit lebih banyak gula yang bisa sedikit merugikan. Tetapi agar manfaatnya dapat tetap terasa, jangan mengkonsumsi buah yang satu ini secara berlebihan.

Recommended Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.