9 Manfaat Unik Buah Lemon

 In Fun Fact

funfact_manfaatbuahlemon

Jeruk atau limau adalah semua tumbuhan berbunga anggota marga Citrus dari suku Rutaceae (jeruk-jerukan). Anggotanya berbentuk pohondengan buah yang berdaging dengan rasa masam yang segar, meskipun banyak di antara anggotanya yang memiliki rasa manis. Rasa masam berasal dari kandungan asam sitrat yang memang menjadi terkandung pada semua anggotanya. Sunpride sendiri memiliki beberapa jenis jeruk, yaitu Navel Orange (jeruk potong, berkulit orange menyala, tanpa biji), Jeruk Siam Madu (jeruk kupas, berkulit kuning mengkilat, tipis dan permukaan halus), Jeruk Keprok (jeruk kupas, berbentuk bulat pendek atau agak bulat dengan kulit buah berlekuk kedalam), Jeruk Baby (jeruk potong, berkulit hijau dengan sedikit semburat kuning, dinamakan jeruk baby karena air perasan jeruk ini biasa diberikan pada bayi) dan Jeruk Bali atau pomelo (jeruk kupas, berbentuk bulat agak lonjong, kulit tebal lunak berwarna hijau muda atau kuning keemasan).

Buah Lemon menambahkan rasa dan aroma tersendiri untuk mempertinggi cita rasa bila digunakan dalam memasak. Selain itu, buah yang tingkat keasaman cukup tinggi ini juga bermanfaat untuk kesehatan, terutama untuk kesehatan kulit.

Tapi tahukah Anda bahwa buah Lemon ternyata punya lebih banyak manfaat unik daripada sekedar manfaat kesehatan? Nah, penasaran? Yuk kita simak beberapa penjelasan berikut :

1.       Pembersih tembaga

Buatlah pasta dari jus lemon yang dicampur dengan garam, lalu gosoklah semua barang yang terbuat dari tembaga. Gosok dengan kain kasar lalu terapkan pada tembaga yang bernoda hingga benar-benar bersih. Bilas lalu keringkan.

2.       Membersihkan talenan

Cara terbaik untuk membersihkan talenan (plastik/kayu) adalah dengan menggosok mereka dengan setengah buah lemon yang sudah dipotong. Untuk noda yang membandel, Anda bisa menambahkan garam kasar untuk membantu menggosok talenan tersebut hingga bersih.

3.       Menghilangkan bau di tempat sampah

Kulit lemon atau menuangkan sedikit jus lemon ke tempat sampah yang beraroma buruk akan menyegarkan dan menghilangkan bau tersebut.

4.       Membersihkan kaca

Gosok kaca yang kusam dengan potongan lemon atau rendam kaca tersebut ke dalam campuran air dan jus lemon untuk menambah kilauan dari kaca tersebut. metode ini sangat efektif untuk membersihkan pot kopi, pitcher, atau decanters.

5.       Membersihkan tangan

Buah lemon juga bermanfaat untuk membersihkan tangan dari aroma bawang, bahan kimia, atau bau amis dari ikan. Caranya, gosok tangan dengan irisan lemon untuk menghilangkan bau tersebut. Menariknya, cara ini juga akan memberikan bonus kepada kulit Anda karena akan melembutkan kulit.

6.       Membersihkan rambut

Jus lemon ternyata memiliki manfaat untuk merawat rambut kering yang terbakar sinar matahari. Caranya, campur 1 buah air lemon dengan 4 bagian air, bilas rambut dgn air lemon dan kemudian bilas bersih dengan air jernih.

7.       Menyegarkan aroma ruangan

Semangkuk lemon mampu menambahkan aroma segar ke setiap sudut ruangan rumah Anda. Uniknya, lemon bisa bertahan hingga dua minggu pada suhu kamar dingin.

8.       Menggemburkan tanah

Perbaiki tanah di halaman rumah Anda dengan buah lemon karena buah ini memiliki tingkat keasaman yang dibutuhkan oleh tanah.

9.       Memperhalus kulit

Anda bisa membuat scrub kulit dengan mencampurkan 3 sendok almon, semangkuk lemon, dan satu sendok teh air lemon serta satu sendok teh madu ke dalam blender. Setelah dihaluskan, terapkan pada wajah sembari dipijat secara perlahan. Diamkan sejenak hingga kering, lalu bilas dengan air hangat.

Recent Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.