9 Manfaat Kulit Jeruk Yang Jarang Diketahui Orang

 In Fruitaholic

 

Jeruk adalah salah satu buah yang mudah ditemukan di Indoesia. Selalu ada di mall, pasar, atau supermarket. Rasa yang lezat dan harga yang ramah kantong, membuat penggemar buah ini semakin banyak.

Hanya saja, terkadang kita hanya memanfaatkan buah jeruk untuk dikonsumsi. Kita terbiasa untuk membuat kulit jeruk. Padahal kulit jeruk memiliki beragam manfaat yang berguna untuk Fruitaholic.

Apa saja manfaat kulit jeruk bagi kita?

Simak ya gaeess…

1. Pengusir nyamuk dan semut

Tentunya kita tidak asing dengan dua hewan ini. dua hewan yang terkadang mengganggu kenyaman rumah. Berdasar pengalaman, kulit jeruk bermanfaat sekali untuk mengusir nyamuk dan semut. Hewan ini membenci kulit jeruk, lebih tepatnya bau kulit jeruk. Mereka tidak suka limonene dalam kulit jeruk.

Bagaimana caranya agar kulit jeruk dapat mengusir nyamuk dan semut? Caranya sederhana, haluskan kulit jeruk dan letakan di daerah dimana nyamuk dan semut berkumpul. Bisa juga dengan menggosokan kulit jeruk segar ke kulit Fruitajolic.

2. Sebagai pewangi ruangan

Aroma jeruk sering dijadikan aroma terapi dan pewangi ruangan oleh perusahaan pewangi di Indonesia. Baunya yang khas membuat kita betah berlama-lama di ruangan dengan wangi jeruk.

Bila fruitaholic ingin pewangi dengan aroma jeruk yang alami, bisa menggunakan kulit jeruk. Bagaimana caranya? Bisa dengan meletakkan beberapa kulit jeruk segar di sekitar rumah atau bisa juga dengan membuat bubuk kulit jeruk, menaruh bubuk di botol, dan menggunakannya di daerah sekitar rumah.

3. Mencegah mabuk perjalanan.

Beberapa orang mungkin berkendara dalam oerjalanan jauh merupakan hal yang harus dihindari karena memiliki kebiasaan mabuk.. Namun sayang jika perjalanan penting harus cancel hanya karena mabuk. Kulit jeruk sangat bermanfaat untuk mencegah Fruitaholic mabuk perjalanan.

Bagaimana caranya? Sederhana sekali, satu jam sebelum naik mobil, ambilah secuil kulit jeruk yang segar terus dekatkan ke hidung dan hiruplah aroma jeruk di kulitnya. Setelah naik mobil, terus menghirup minyak kulit jeruk itu untuk mencegah mabuk perjalanan

4. Menetralisir Bau di Kulkas

Sudah menjadi rahasia umum, kalau makanan apa saja akan tambah awet bila disimpan di kulkas. Namun karena sangat banyak jenis makanan yang diletakkan di sana, seringkali muncul bau yang tidak sedap dari kulkas.

Nah, untuk menetralkannya Fruitaholic dapat menggunakan kulit jeruk. Langkahnya cukup letakkan kulit jeruk pada mangkok dan taruh di dalam kulkas. Wangi kulit jeruk akan menetralkan sekaligus menyegarkan kulkas. Mudah bukan?

5. Membersihkan bakteri Talenan

Papan kayu untuk memotong sayuran atau yang umum kita sebut talenan mungkin menjadi sarang bakteri. Terkadang sayuran yang belum dicuci, atau bahkan juga yang telah dicuci sekalipun, mungkin saja masih memiliki kandungan bakteri.

Jadi, dibutuhkan pembersihan menyeluruh agar kuman hilang. Langkahnya sederhana sekali, yaitu dengan menggosokan kulit jeruk pada talenan, bilas, serta keringkan di tempat panas. Kulit jeruk ini juga bermanfaat sebagai disinfektan yang dapat menyingkirkan bakteri.

6. Hiasan

Kulit jeruk memiliki tekstur kulit yang unik. Dengan keunikannya, kita bisa membuat hiasan dari kulit jeruk. Misalnya bunga.

7. Craft untuk anak

Akhir-akhir ini anak-anak lebih akrab dengan yang namanya handphone dan game. Bisa jadi orang tua kehabisan ide untuk menyediakan permainan menarik bagi anak. Dengan kreatifitas tertentu, kita bisa membuat bentuk-bentuk menarik dari kulit jeruk.

8. Kolase

Kegiatan menempel adalah salah satu kegiatan yang disukai anak-anak. Seringnya anak-anak bermain kolase dengan menggunakan kertas lipat atau origami. Namun ternyata tak hanya itu, kulit jeruk juga bisa digunakan untuk kolase.

9. Mahkota bunga

Kreasi mahkota bunga seringkali menggunakan kertas, tissue, organdi, dan kain flannel. Namun sebenarnya ada bahan yang mudah yang bisa dibuat bentuk mahkota bunga, yaitu kulit jeruk. Hasilnya tak kalah cantik lo..

Itulah 9 manfaat kulit jeruk yang jarang diketahui kebanyakan orang. Mudah bukan proses pembuatannya. Silahkan mencoba ^_^

Recommended Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.