4 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Saat Puasa

 In Healthy Lifestyle

Berolahraga juga penting untuk menggerakan otot termasuk otot jantung, dengan begitu jantung akan selalu kuat dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Namun bagaimana jika sedang berpuasa? Kira-kira apa yang cocok untuk jenis olahraga saat puasa?

Saat berpuasa tubuh memang tidak mendapatkan asupan makanan selama kurang lebih seharian, tidak heran jika tubuh juga kehilangan cairan yang sangat dibutuhkan. Tetapi jangan jadikan hal ini sebagai alasan untuk tidak berolahraga. Jadi, saat berpuasa Anda dapat tetap menjaga kesehatan Anda dengan berolahraga. Beberapa olahraga ringan yang dapat dijalankan saat berpuasa antara lain:

Yoga

Selain mampu menjaga pikiran tetap rileks, yoga juga menjadi salah satu jenis olahraga ringan yang dapat membantu dan mempercepat proses detoksifikasi di dalam tubuh. Prosesi yoga yang berfokus pada pelatihan teknik pernapasan, akan membantu proses penyuplaian oksigen ke dalam otak dan membantu kita untuk tetap berpikir jernih, merasa tenang, juga nyaman selama berpuasa. Yoga dapat dilakukan kapan pun selama berpuasa. Pilihlah lokasi yang tenang dan jauh dari keramaian untuk dapat melakukan yoga yang maksimal.

Jalan Santai
Tak perlu olahraga yang bisa membuat kamu cepat berkeringat, dengan jalan santai pun tandanya kamu sudah berolahraga. Dengan jalan santai, kesehatan tubuh pun bisa tetap terjaga terutama kesehatan jantung dan bagian otot dan tulang. Jalan 10 ribu langkah per hari dapat mencegah osteoporosis. Namun, pilihlah waktu yang tepat untuk melakukan olahraga ini seperti di sore hari menjelang buka puasa.

Latihan Beban
Saat berpuasa, kamu juga bisa berolahraga latihan beban. Mengangkat beban tidak akan mengeluarkan banyak keringat. Pilihlan beban yang ringan yang tidak membuat kamu perlu menguras energi banyak saat mengangkatnya. Lakukan gerakan angkat beban yang halus secara perlahan-lahan agar otot tidak kram pada saat mengangkat beban. Latihan beban bisa dilakukan saat sore hari menjelang adzan Maghrib.

Bersepeda santai

Bersepeda enjoy pada pagi hari (sesudah sahur) serta sore hari (saat sebelum berbuka) bisa jadi pilihan berolahraga di saat menggerakkan beribadah puasa. Bersepeda enjoy atau bersepeda stasioner baiknya dikerjakan 20-30 menit, namun sama dengan jogging enteng, lama olahraga mesti sesuaikan dengan kekuatan Anda. Janganlah olahraga kian lebih 20 menit bila memanglah Anda tak dapat, hingga Anda lemas serta menyebabkan membatalkan beribadah puasa Anda.

Recent Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.