11 Buah Untuk Mengobati dan Mencegah Batuk

 In Health & Beauty Info

Fruitaholic tentu pernah mengalami batuk. Batuk menjadi salah satu gejala yang sangat umum dan biasanya menyertai flu atau tubuh yang lelah. Namun batuk terkadang menjadi sangat menjengkelkan karena sulit sembuh. Selain itu batuk akan membuat tubuh menjadi lelah karena tidak nyaman saat melakukan berbagai aktifitas.

Untuk mengobati batuk, Fruitaholic dapat melakukan konsultasi dengan dokter ataupun dengan obat-obatan alami. Untuk mempercepat proses penyembuhannya, penderita batuk pun harus mengkonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Karena ada beberapa jenis buah yang baik dikonsumsi untuk penderita batuk.

Berikut ini adalah beberapa buah yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati batuk.

1. Jeruk
Buah jeruk mengandung vitamin C yang cukup tinggi, yaitu sekitar 54 mg / 100 gram penyajian. Vitamin C dalam buah jeruk menjadi sumber antioksidan yang sangat baik untuk melawan infeksi dan menyerang semua radikal bebas dalam darah. Jeruk yang mengandung vitamin C bekerja untuk mengurangi rasa nyeri pada bagian tenggorokan karena batuk atau iritasi yang sering terjadi karena batuk yang lama. Vitamin C dalam buah jeruk juga akan melawan semua bakteri yang ada di lendir pada tenggorokan. Fruitaholic dapat menambahkan perasan jeruk dengan madu untuk menyembuhkan batuk.

2. Jeruk Lemon
Jeruk memang mengandung khasiat yang sangat besar untuk mengobati batuk, termasuk jenis jeruk lemon yang sangat terkenal. Jeruk lemon bisa mengatasi berbagai jenis gejala flu seperti batuk, sakit kepala dan hidung yang tersumbat. Jeruk lemon bisa mengatasi flu karena memiliki sifat diuretik yang bisa meningkatkan sistem pembuangan racun dalam tubuh. Selain itu lemon juga bisa memerangi infeksi di tenggorokan sehingga mengurangi batuk yang parah.

3. Kiwi
Kandungan vitamin C alami dalam buah kiwi juga bisa meredakan batuk yang membandel. Vitamin C akan berperan untuk mendorong sistem kekebalan alami dalam tubuh. Makan buah kiwi yang mengandung vitamin C juga akan melindung tubuh dari resiko tertular beberapa penyakit seperti flu dan batuk. Buah kiwi bisa membantu meredakan batuk karena mengandung actinidain yang bisa menghilangkan mual selama batuk, dan kandungan vitamin C yang bisa memerangi semua virus dan bakteri penyebab batuk.

4. Nanas
Banyak orang tidak makan buah nanas ketika sedang batuk, tapi ternyata buah nanas sangat bermanfaat untuk menyembuhkan batuk. Hal ini disebabkan karena buah nanas mengandung enzim bromelain yang bisa bekerja untuk mengurangi lendir di tenggorokan dan menghilangkan bengkak atau iritasi di saluran pernafasan. Makan buah nanas secara teratur juga bisa mengurangi resiko infeksi penumpukan lendir di saluran pernafasan.

5. Mangga
Buah yang kaya akan betakaroten dan vitamin C ini bisa menjadi pilihan untuk mendorong sistem pertahanan tubuh dan pelindung terhadap kerusakan sel.

6. Alpukat
kandungan vitamin dan gizi pada alpukat sangat banyak sehingga memngkonsumsi buah alpukat setiap hari dapat juga membantu agar tubuh kita tidak mudah terserang penyakit.

7. Pepaya
kandungan B9 dan folat sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan sistem imun, sehingga baik dikonsumsi saat penyembuhan.

8. Jambu biji
Jambu biji banyak mengandung vitamin-C dan zat besi yang terbukti ampuh mencegah infeksi dingin dan virus.

10. Apel
Ramuan tradisional dari buah apel terbilang cukup efektif sebagai penghilang batuk berdahak secara alami dan cepat. Bahan yang Anda butuhkan hanyalah satu buah apel. Selanjutnya Fruitaholic potong menjadi empat, kukus selama kurang lebih 10-20 menit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Fruitaholic bisa mengonsumsinya tiga kali sehari sampai batuk mereda.

11. Pisang
Pisang merupakan salah buah yang mengandung vitamin B6 yang bisa membantu menyembuhkan flu dan batuk. Haluskan pisang dengan dengan sendok kayu atau garpu, kemudian taruh pisang tumbuk ke dalam panci dan tambahkan air mendidih. Biarkan selama setengah jam hingga dingin, lalu tambahkan madu. Anda bisa langsung mengonsumsinya, atau menyaring lalu meminumnya.

Recent Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.