Your Trusted 24 Hours Brook Service Provider !
10 Manfaat Pisang Untuk Kesehatan

10 Manfaat Pisang Untuk Kesehatan

3310-manfaat-pisang-untuk-kesehatan Setiap orang pasti tahu buah pisang. Karena selain menawarkan rasa yang manis, buah pisang juga menawarkan banyak nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh. Buah pisang juga memiliki daging yang sangat halus/empuk, sehingga buah yang identik dengan kulitnya yang berwarna kuning ini sangat digemari oleh anak-anak maupun orang dewasa. Beruntunglah bagi orang yang gemar mengkonsumsi buah pisang, karena di dalamnya terkandung begitu banyak zat yang bermanfaat bagi tubuh. Yuk, kita simak beberapa penjelasan berikut terkait manfaat mengkonsumsi buah pisang bagi kesehatan :
  1. Buah pisang memanjakan lidah kita tanpa rasa khawatir akan membuyarkan/merusak diet Anda. Pasalnya, buah yang bentuknya bisa dimakan secara keseluruhan ini hanya mengandung sekitar 110 kalori saja.
  2. Pisang secara alami bebas lemak dan kolesterol. Pisang juga bisa menjadi substitusi mentega atau minyak ketika Anda membuat kue.
  3. Buah pisang dikenal memiliki kandungan kalium yang tinggi. Lebih dari 400 mg kalium terdapat pada buah pisang berukuran sedang. Menurut Colorado State University di Amerika, potasium sangat bermanfaat untuk saraf yang baik dan fungsi otot, serta untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.
  4. Seperti kebanyakan buah-buahan lainnya, pisang juga mengandung jumlah vitamin C yang banyak. Satu buah pisang menyediakan sekitar 10 mg vitamin C, atau sekitar 15% dari jumlah harian yang disarankan. Sebagaimana kita tahun, vitamin C membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kemampuan penyerapan nutrisi lainnya seperti besi.
  5. Buah pisang merupakan sumber vitamin B-6 (pyridoxine). Satu buah pisang menyediakan sekitar 35% kebutuhan harian vitamin B-6. Perlu diketahui, tubuh Anda menggunakan vitamin B-6 untuk memproduksi sel baru.
  6. Buah pisang juga sumber zat mangan. Satu buah pisang ukuran sedang menyediakan sekitar 3 mg mangan, sementara orang dewasa hanya membutuhkan 1,8-2,3 mg mangan per hari. Zat mangan ini penting untuk kesehatan tulang dan metabolisme tubuh.
  7. Menurut penelitian, satu buah pisang mengandung sekitar 3 gram serat. Serat dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan turut membantu menjaga proses pencernaan tetap lancar.
  8. Tak hanya itu, buah pisang juga menyediakan sejumlah kecil vitamin dan mineral lainnya seperti vitamin A, vitamin E, zat besi, magnesium, fosfor, folat, karoten, dan kolin. Pisang juga mengandung sejumlah asam amino.
  9. Pisang juga merupakan sumber energi karena mengandung karbohidrat. Makan pisang sebagai sarapan akan memberi Anda energi untuk melakukan aktivitas sampai waktunya jam makan siang.
  10. Karena dagingnya yang halus/empuk, buah pisang mudah dicerna. Ketika Anda sakit dengan virus atau gangguan pencernaan, pisang dapat menjadi cara menarik untuk memasukkan beberapa nutrisi penting tanpa mengganggu perut Anda. Buah ini juga sering digunakan oleh seorang ibu untuk mengenalkan makanan padat pada bayi.
Nah, itu dia sepuluh manfaat mengkonsumsi buah pisang bagi kesehatan tubuh. Yuk, mulai memasukkan buah pisang dalam menu makanan sehari-hari Anda. Untuk informasi konsumen, Sunpride sendiri memiliki varian produk pisang sebanyak 7 buah:
  1. Pisang Cavendish, Daging buah dari pisang ini putih kekuningan, rasanya manis agak asam, dan lunak. Kulit buah agak tebal berwarna hijau kekuningan sampai kuning dengan permukaan halus.
  2. Pisang Mas,  memiliki bentuk kecil dengan aroma harum dan rasa yang lebih manis. Tidak hanya mengandalkan rasa yang manis, pisang ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dari kandungan mineral dan vitaminnya yang tinggi.
  3. Pisang TandukKeistimewaan pisang ini ialah bentuk buahnya yang besar panjang dan melengkung seperti tanduk. Panjangnya dapat mencapai 30 cm. Pisang ini tidak seperti jenis lainnya, produksi buahnya sangat sedikit. Satu pohon hanya menghasilkan tiga sisir, rata-rata tiap sisirnya terdiri dari 10 buah.
  4. Pisang Raja BuluPisang ini merupakan salah satu jenis pisang raja yang ukurannya sedang dan gemuk. Bentuk buahnya melengkung dengan pangkal buah agak bulat.
  5. Pisang Ambon biasa dikenal dengan pisang hijau mengandung senyawa yang disebut asam lemak rantai pendek, yang memelihara lapisan sel jaringan dari usus kecil, secara dramatis meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi.
  6. Pisang Kepok, Pisang ini bermanfaat untuk orang dengan masalah sembelit, sakit maag, ataupun diare
  7. Pisang Barangan ,  Sebagai varietas unggul dari Sumatera Utara, gizi yang tekandung didalam nya mencukupi kebutuhan gizi untuk tubuh dalam 100 gram nya yaitu Energi 110 kal, Karbohidrat 25,8 gr, Protein 1,2 gr dan Vitamin C 3 gr

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *