10 Manfaat Olahraga Bersepeda

 In Hobbies & Activity

Bersepeda secara teratur dapat membantu Fruitaholic menurunkan berat badan, mengurangi tingkat stress, dan meningkatkan kebugaran.

Bersepeda termasuk sebagai salah satu jenis olahraga ringan yang mudah dilaksanakan oleh segala usia yang manfaatnya tak kalah besar dari berjalan kaki, jogging bahkan aerobik.

Meskipun merupakan jenis olahraga ringan, bersepeda dapat menjaga kesehatan sendi. Bersepeda juga dapat membantu mendapatkan bentuk tubuh. Cara terbaik untuk menjaga kesehatan jantung Anda, lakukanlah bersepeda setidaknya 150 menit setiap minggu.

Manfaat Bersepeda

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Olahraga bersepeda dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga membuat tubuh menjadi lebih kebal untuk menangkal berbagai serangan penyakit seperti batuk dan pilek.

2. Cepat membakar kalori
Bersepeda bisa membakar sekitar 300 kalori per jam dengan kecepatan sedang, 400 kalori per jam jika dengan kecepatan 10-11 mph, dan 700 kalori bersepeda gunung dimedan berat selama 1 jam.

3. Mengurangi Stress
Olahraga bersepeda dapat mengurangi stress karena dengan olahraga ini, pandangan mata Fruitaholic juga dimanjakan dengan berbagai pemandangan sehingga dapat melupakan permasalahan sehari-hari.

4. Meningkatkan suasana hati
Bersepeda baik untuk kesehatan mental Anda seperti halnya bentuk-bentuk aktifitas latihan yang lain seperti aerobik. Hal ini mungkin disebabkan karena pelepasan endorfin

5. Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi
Cukup hanya dengan duduk di sadel dan menaikkan kaki dari tanah merupakan latihan keseimbangan. Saat berbelok akan melibatkan otot inti untuk membuat tubuh menjadi tegak.

6. Dapat mencegah penyakit jantung
Bersepeda sejauh 20 mil dalam seminggu dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner sebesar 50 persen. Dan sementara itu bersepeda juga bisa menghilangkan kerutan tanda-tanda penuaan.

7.Membakar lemak
Setiap putaran pedal dapat membakar lemak dan memperkuat otot-otot pada betis, paha, betis, telapak, bokong dan gelandangan kaki. Naik sepeda di atas tanah yang bergelombang atau menanjak akan melatih tubuh atas, karena lebih banyak berat tubuh Fruitaholic didukung oleh lengan dan bahu.

8. Meningkatkan Kekuatan Otak
Bersepeda dapat meningkatkan hingga 15 persen kemampuan otak yang melemah diakibatkan usia. Hal ini karena dengan bersepeda dapat membantu membangun sel-sel otak baru pada bagian memori, yang memburuk dari usia mulai 30 tahun.

9. Metabolisme Yang Baik
Bersepeda rutin pada masa kehamilan ternyata membantu proses kesembuhan setelah proses kelahiran. Bersepeda juga dapat mengurangi risiko 50% terkena obesitas.

10. Mengatasi Sering Lelah
Fruitaholic yang sering mengeluh kelelahan apabila sedang mengerjakan aktivitas, Bersepeda merupakan salah satu hal yang dapat dilakukan.

Selamat bersepeda, Fruitaholic

Recent Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.