10 Manfaat Buah Untuk Sahur

 In Fruitaholic, Healthy Lifestyle

Hai Fruitaholic, bagaimana kabar? Sudah di penghujung puasa nih. Masih terus semangat puasa bukan? Terus senyum saat berjuang bangun pagi untuk sahur? Sahur sangat penting untuk memberikan energi saat menunaikan puasa lo. Semoga selalu sehat dan dapat memanfaatkan moment puasa dengan maksi. Nah, biar puasa tetap oks dan kuat hingga waktu buka, teman Fruitaholic bisa coba mengonsumsi buah-buahan. Konsumsi buah dapat mengatasi masalah yang bikin males sahur dan pastinya banyak manfaat yang dikandung.

  1. Singkat

Sebagian dari kita tentunya pernah mengalami yang namanya telat sahur. Saat telat dan diburu waktu, buah menjadi alternatif yang tepat saat sahur. Kita tinggal mencucinya di air mengalir kemudian langsung mengonsumsi. Dijamin, waktu makan buah lebih singkat dibanding makan nasi. Sahur aman, puasa lancar.

  1. Praktis

Bukan rahasia umum lagi kalau sebagian dari kita agak malas untuk bangun sahur dan menyiapkan makanan sahur. Padahal sahur itu sunnah dan bermanfaat. Jadi sayang dilewatkan. Buat Fruitaholic yang malas buat sahur, bisa coba mengonsumsi buah. Simple, tidak perlu meyalakan kompor, tidak perlu bikin bumbu, tinggal kupas atau gigit doang. Jangan lupa dicuci dengan air mengalir juga ya. Contoh buat yang pas buat sahur antara lain kurma, papaya, pisang, apel, jambu biji, dan alpukat. Kalau malas menggigit atau mengantuk, bisa juga dijus. Praktis dan sehat bukan?

  1. Sistem Pencernaan Lancar

Buah-buahan kaya akan serat dan memiliki kandungan zat yang membantu pencernaan secara leboh optimal. Logikanya, daging buah halus dan memiliki cairan. Hal ini membantu lambung tidak nyeri saat mencerna makanan dan lebih cepat diproses. Jadi tidak bakal ada keluhan susah buang air besar saat puasa.

  1. Makin Sehat

Selain memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan dapat menyehatkan saluran pencernaan, buah juga termasuk obat alamiah untuk melawan kolesterol yang membuat jantung lebih sehat, meningkatkan antibody, serta membersihkan lemak tak jenuh.

  1. Menu Ideal Untuk Diet

Mengonsumsi buah saat sahur merupakan waktu ideal untuk Fruitaholic yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Mengapa? Karena buah tidak hanya kaya akan serat, tapi juga mengandung pembakar lemak yang membantu kita membakar kalori. Tidak semua lemak jahat, tubuh kita juga butuh lemak. Namun tidak berlebihan. Jadi buah dapat membantu kita dalam mengurangi lemak.

  1. Kulit lebih bersinar dan sehat

Buah dapat berperan dalam membentuk dan memelihara jaringan kolagen yang dapat menjaga kesehatan kulit. Fruitaholic tidak perlu takut kena kulit kering dan kusam. Dijamin deh, dengan mengonsumsi buah selama puasa kulit kita mulus, kenyal, dan sehat.

  1. Menambah Semangat

“Penyakitnya orang kenyang itu mengantuk,” demikian kalimat yang marak kita dengar dan ini benar adanya. Mengapa ini terjadi? Karena saat kita mengonsumsi makanan yang banyak dan beragam, kerja lambung jadi lebih berat, akibatnya akan melemah dan kita mengantuk. Dengan mengonsumsi buah saat sahur, rasa kantuk ini pasti tidak akan terasa. Karena buah memiliki glukosa alami yang sangat bagus untuk kesehatan dan bisa membuat kita terus aktif serta terus semangat.

  1. Mencegah Dehidrasi

Saat puasa itu berarti kita tidak minum mulai adzan Shubuh sampai adzan Maghrib. Dengan kata lain, besar kemungkinan kita akan terkena dehidari. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengonsumsi buah. Buah membantu kita dalam mencukupi asupan air yang dibutuhkan tubuh. Tak hanya itu kalium yang tinggi juga dapat memperlancar suplai oksigen ke otak sekaligus menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Yang ini berarti kita akan terhindar dari yang namanya dehidrasi.

  1. Meningkatkan Daya Ingat

Bisa ya buah meningkatkan daya ingat? Ini dimungkinan karena buah memiliki kandungan zat antioksidan. Antioksidan merupakan molekul yang mampu memperlambat atau mencegah proses oksidasi yang molekul lain. Oksidasi adalah reaksi kimia yang dapat menghasilkan radikal bebas yang dapat memicu reaksi berantai yang dapat merusak sel antioksidan. Dengan banyaknya buah yang kita konsumsi, kebutuhan antioksidan tercukupi plus proses oksidasi ini bisa dicegah.

  1. Menghemat Belanja

Coba bandingkan harga kue, coklat, dan snack dengan buah. Dengan mengganti menu tersebut dengan buah maka akan menghemat pengeluaran belanja. Selain itu juga lebih aman dan menyehatkan.

Bagaimana? Semakin yakin sahur dengan buah bisa bikin sehat kan? Selamat menjalankan puasa Ramadhan. Kami doakan puasa Fruitaholic lancar sampai akhir Ramadhan. Aamiin..

Recent Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.