Tips Menyimpan Buah Agar Tetap Segar

Kaya akan nutrisi penting bagi kesehatan tubuh, buah memang perlu masuk dalam menu makanan kita sehari-hari. Selain membantu tubuh menyediakan cadangan cairan, vitamin dan zat-zat yang dibawa oleh beberapa buah juga punya peran penting bagi kesehatan dan kebugaran tubuh kita.

Buah mengandung banyak nutrisi dalam keadaan yang segar/fresh. Jika sudah tidak segar lagi, buah justru akan kehilangan kandungan nutrisinya tersebut, dan justru malah membawa dampak buruk bagi kesehatan kita. Buah yang rusak atau memar di bagian kulit ataupun dagingnya, sebaiknya jangan dibeli apalagi dikonsumsi.

Nah, jika Anda termasuk orang yang tidak bisa pegi belanja setiap hari, tentu harus pintar menyimpan buah yang sudah dibeli agar tetap fresh dalam waktu yang cukup lama. Mau tahu tipsnya? Ini dia beberapa cara menyimpan buah agar tetap dalam kondisi yang segar :

  1. Perlu diketahui bahwa sebagian besar buah memiliki suhu sensitif sehingga ada beberapa buah yang penyimpanannya harus di dalam kulkas/lemari pendingin. Jika kulkas Anda penuh, upayakan cari tempat di rumah yang punya suhu paling dingin diantara tempat yang lainnya.
  2. Buah-buah seperti apel, pir, stroberi, plum, dan buah persik sebaiknya disimpan dalam kantong plastik berlubang. Setelah itu, baru masukkan ke dalam kulkas supaya buah tersebut tetap segar karena adanya air di dalam kantong plastik tersebut.
  3. Buah seperti jeruk dan markisa termasuk jenis buah yang mudah sekali kehilangan cairannya. Oleh sebab itu, jika Anda ingin menyimpannya di dalam kulkas, upayakan membungkusnya terlebih dahulu dengan plastik perekat.
  4. Jangan simpan buah alpukat yang masih keras di dalam kulkas karena hal itu bisa memperlambat proses pematangannya. Simpan di tempat yang sejuk, nanti kalau sudah matang baru simpan di dalam kulkas. Tapi biasanya buah alpukat yang matang hanya mampu bertahan satu minggu di dalam kulkas.
  5. Buah-buahan dari daerah topis seperti nanas dan pisang, sebaiknya jangan disimpan di dalam kulkas karena sensitif terhadap dingin.
  6. Khusus untuk buah beri, cuci terlebih dahulu sebelum menyimpannya secara utuh. Pasalnya, jika tidak disimpan secara utuh, buah beri akan menyerap terlalu banyak cairan sehingga lebih cepat membusuk dan terasa berarir.
  7. Jika Anda menyimpang banyak buah di dalam kulkas, periksa secara rutin mana buah yang sudah masak dan mana yang busuk. Jika ada yang busuk, sebaiknya dipisahkan karena akan mempengaruhu kesegaran buah yang lain.

Nah, itulah beberapa tips pintar menyimpan buah supaya kesegarannya tetap terjaga. Upayakan untuk mengkonsumsi buah-buahan yang segar, supaya juga membantu memiliki tubuh yang lebih bugar.

Artikel Terkait :

Leave a Reply