Seperti kebanyakan memilih buah-buahan lainnya, Guava Crystal (jambu biji) yang matang memiliki beberapa ciri khas tersendiri. Bagi sebagian orang, memilih Guava Crystal terbaik mungkin cukup mudah, tapi bagi orang lain yang belum terbiasa, mungkin bisa jadi cukup sulit lho.

Di daerah tropis seperti Indonesia, Guava Crystal tersedia hampir sepanjang tahun. Biasanya ada sebagian Guava Crystal yang sengaja dimatangkan di pohon untuk mendapatkan lebih banyak rasa alami. Selain itu, buah ini juga bisa dipetik saat masih hijau dan dimatangkan pada suhu kamar.

Nah, buat Anda yang ingin memilih Guava Crystal terbaik sebaiknya ikuti beberapa tips sederhana terbaik. Pasalnya, buah-buahan menawarkan nutrisi paling maksimal pada saat mereka matang :

  • Lihatlah bagian luar dari Guava Crystal sebelum memeriksa tingkat kematangannya. Jika kulitnya terdapat cacat atau memar, sebaiknya pilih yang lain. Pasalnya, memar atau cacat itu akan membuat beberapa wilayah jambu matang secara tidak merata.
  • Tekan secara lembut ke bagian kulit Guava Crystal tersebut. Jika cukup lembek, atau ketika ditekan Anda tidak harus banyak mengeluarkan usaha, artinya buah itu sudah matang.
  • Jika Anda membeli Guava Crystal yang belum matang benar, Anda bisa membungkusnya dengan koran untuk membuatnya lebih cepat matang. Setelah dibungkus, Anda bisa menyimpannya pada suhu kamar sekitar dua sampai lima minggu.
  • Sebelum mengkonsumsi Guava Crystal yang sudah matang, ada baiknya Anda mencucinya terlebih dahulu dengan air dingin untuk menghilangkan residu debu
  • Guava Crystal sangat baik dikonsumsi bersama dengan kulitnya karena mengandung banyak serat.
  • Selain bisa dikonsumsi langsung, Guava Crystal juga sangat menggugah selera saat dijadikan jus, salad, makanan penutup, dan sebagainya.

Itu dia beberapa tips memilih Guava Crystal terbaik. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk mengkonsumsi buah yang satu ini secara rutin karena merupakan sumber antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.