Seperti layaknya buah-buahan lainnya, Pir/pears mengandung beberapa nutrisi penting bagi kesehatan tubuh manusia. Rasanya yang nikmat dan kaya akan air, seringkali membuat buah yang satu ini dijadikan makanan penutup. Apalagi, budidaya buah pir di Nusantara makin berkembang dan bisa didapatkan sepanjang tahun.

Buah pir juga termasuk salah satu buah-buahan yang rendah lemak. Oleh sebab itu, pir juga sering dimasukkan ke dalam menu diet. Nah, ingin tahu lebih banyak tentang manfaat buah pir bagi kesehatan kita? Mari simak ulasan berikut ini :

  1. Kesehatan Usus

Mengkonsumsi buah pir Asia seperti Pir Singo dapat berkontribusi terhadap kesehatan usus. Buah pir berukuran sedang mengandung 4 gram serat yang artinya sama dengan memenuhi sekitar 14% kebutuhan serat harian kita. Serat/fiber membantu mengatur pencernaan kita, yang dalam banyak kasus dapat mencegah terjadinya masalah pencernaan. Laporan dari World’s Healthiest Foods mengatakan bahwa vitamin yang dikandung buah pir dapat melindungi Anda dari kerusakan usus yang dapat menyebabkan kanker.

  1. Kesehatan Mata

Pir Singo kaya akan vitamin C yang memberikan sekitar 80% kebutuhan harian kita terhadap vitamin tersebut. sebuah institut kesehatan di Amerika menyarankan bahwa orang dewasa sebaiknya mengkonsumsi 75mg vitamin C, sementara untuk perokok dan wanita hamil bisa meningkat hingga 80-110mg per hari. Vitamin C sendiri adalah antioksidan yang dapat menjaga kesahatan mata, termasuk melindungi dari terjadinya penyakit Katarak.

  1. Kesehatan jantung

Buah pir yang dikonsumsi secara teratur juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan fungsi jantung. Manfaat ini terjadi dalam beberapa cara. Isi serat pir mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga membantu penurunan berat badan. Menjaga berat badan artinya sama dengan mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung.

Serat pada Pir Singo juga membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang seringkali menjadi sebab timbulnya penyakit kardiovaskular. Faktanya, buah pir memang rendah kalori dan tidak mengandung lemak jenuh.

Nah, itu dia beberapa manfaat mengkonsumsi buah pir secara rutin. Bagaimana? Apa Anda mulai tertarik menjadikan buah yang satu ini menjadi menu wajib yang harus dikonsumsi setiap hari?