Buah nanas kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Menyajikan buah nanas bisa dilakukan lewat berbagai macam cara, mulai dari dipotong seperti dadu hingga dibuat jus yang segar. Meskipun saat ini jus nanas olahan banyak tersebar di berbagai supermarket, membuat jus nanas segar langsung dari buahnya itu lebih baik karena biasanya jus olahan dalam kaleng lebih banyak mengandung gula, pengawet, dan bahan-bahan kimia lainnya.

Jus nanas segar mengandung mangan, erat, dan vitamin B1, B2, B3, B5, dan B6. Seperti jus jeruk, jus nanas juga kaya akan kandungan vitamin C dan bromelain. Buah ini juga rendah kolesterol dan lemak.

Anak-anak muda mengkonsumsi jus nanas untuk mempromosikan pertumbuhan tulang. Sementara bagi orang tua, mengkonsumsi jus nanas segelas setiap hari sangat bermanfaat untuk memperkuat tulang. Bahkan, mengkonsumsi satu gelas jus nanas segar setiap hari sudah memenuhi sekitar 73 persen dari kebutuhan mangan tubuh.

Manfaat Medis Buah Nanas

Dikutip dari buku yang berjudul “Rawsome! Maximizing Health, Energy, and Culinary Delight With the Raw Foods Diet”, buah nanas digunakan untuk mengobati berbagai penyakit seperti bronkitis, radang sendi, darah tinggi/hipertensi, dispepsia, difteri, sembelit, pembekuan darah, pencernaan, edema, sinusitis, menstruasi berlebihan, gondok, sakit tenggorokan, dan sebagainya.

Vitamin C dan bromelain yang dikandung oleh buah nanas juga berkontribusi untuk mengobati batuk dan pilek. Jus nanas segar bebas kolesterol dan memiliki mikro nutrisi lainnya untuk mencegah penyakit seperti stroke, jantung, dan berbagai kanker.

Manfaat Lain dari Buah Nanas

Uniknya, jus nanas segar adalah minuman yang bermanfaat bagi binaragawan karena bromelain yang dikandungnya dapat membantu mengobati sakit otot. Jus buah ini juga dapat mengobati nyeri sendi karena membantu mengurangi pembekuan darah. Jus nanas juga merupakan sumber yang baik untuk membantu mengobati penyakit konstipasi, sembelit, dan mual.

Selama jus nanas mentah dan tidak dipasteurisasi, Anda dapat meminum segelas atau dua gelas setiap hari untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Cara ini bekerja sangat baik bila dikombinasikan dengan air. Selain itu, karena jus nanas rasanya amat manis, orang-orang dengan penyakit diabetes harus berhati-hati jangan sampai meminumnya dalam jumlah yang berlebihan.

Cara terbaik untuk menikmati jus ini adalah mencairkannya dengan air untuk mereduksi rasa manisnya tersebut.

Nanas HONI memiliki daging keemasan dengan brix (tingkat kemanisan) minimum 18, selain itu kalsium oksalat pada Nanas HONI merupakan yang terendah dibanding nanas lainnya sehingga tidak membuat gatal ketika dikonsumsi. Kelebihan lain adalah Nanas HONI memiliki kulit dengan mata tipis sehingga memudahkan Anda dalam penyajian