Pepaya (Carica papaya L.), atau betik adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya. Sunpride sendiri memiliki beberapa jenis pepaya, yaitu Pepaya Hawaii (Bentuknya agak bulat atau bulat panjang, kulit berwarna kuning cerah saat matang, daging buahnya agak tebal & berwarna kuning) dan Pepaya California (Daging buah tebal dan kenyal, buah tidak terlalu besar dgn rasa yg manis).

Pepaya merupakan buah tropis asli yang berasal dari Amerika Tengah. Tapi, seiring dengan perkembangannya, buah yang memiliki daging lezat ini sudah dibudidayakan di Asia, termasuk Indonesia. Sehingga kita tidak perlu repot lagi, karena buah pepaya saat ini bisa didapatkan di toko buah terdekat dari rumah Anda.

Layaknya buah-buahan lainnya, Pepaya juga punya banyak manfaat kesehatan jika dikonsumsi secara teratur. Salah satu yang paling populer mungkin adalah pepaya dikenal sebagai buah yang mampu memberikan kontribusi maksimal untuk menurunkan berat badan yang aman. Aman karena Anda memperoleh manfaatnya dari cara yang alami dan tidak diolah dengan bahan-bahan kimia lainnya, yang biasanya kita dapatkan dari obat-obat penurun berat badan.

Banyak ahli gizi menyarankan untuk melakukan diet pepaya untuk membantu menurunkan berat badan. Mau tahu kenapa alasannya? Simak beberapa poin berikut :

  • Kalori

Sebuah pepaya kecil yang memiliki berat 5,5 ons menyediakan 68 kalori (atau 3 persen dari diet 2.000 kalori standar). Pemangkasan diet dengan 3.500 – 7.000 kalori setiap minggu menghasilkan 1-2 lb (1 kg) dari berat badan. Menurut laman web Mayo Clinic, penurunan berat badan itu termasuk penurunan yang sehat dan wajar. Mempertahankan pasokan makanan yang rendah kalori selama diet, mampu mempromosikan regulasi berat badan jangka panjang.

  • Serat

Sebuah pepaya kecil mampu menyediakan 2,7 gram serat, atau 11 persen dari 25 gram serat harian yang dibutuhkan oleh manusia. Diet yang menyediakan pasokan serat yang cukup akan membantu proses pencernaan dan penyerapan karbohidrat. Jadi, tubuh Anda akan menyerap karbohidrat dengan cepat dan mencegah gula darah mengalami kenaikan. Kandungan serat yang tinggi dalam pepaya mencegah elevasi gula darah yang akan memberikan kontribusi terhadap kenaikan berat badan.

  • Lemak

Sebuah pepaya kecil hanya mengandung 0,41 gram lemak, atau sekitar 1 persen dari nilai 65 FDA gram setiap hari. Makan makanan seperti pepaya tidak akan memberikan kontribusi keuntungan lemak yang bisa berujung pada timbangan dan menggagalkan penuruanan berat badan langsung.

  • Air

Sebuah pepaya berukuran kecil mampu menyediakan 138 gram air atau 89 persen dari berat total. Air dan asupan cairan membersihkan racun normal yang berasal dari konversi makanan menjadi energi tubuh. Ketika racun bertumpuk, mereka mengganggu metabolisme tubuh dan bisa menyebabkan kenaikan berat badan.