Buah merupakan sajian yang sangat bersahabat bagi penderita diabetes. Namun bukan sembarang buah, bahaya juga toh kalau mengkonsumsi buah durian, yang ada malah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk itu penderita diabetes harus pintar-pintar memilih jenis buah untuk dikonsumsi agar kadar gula dalam tubuh tetap terjaga. Kandungan gula dalam buah perlu diperhatikan bagi penderita diabetes. Cara mengetahuinya adalah dengan mengukur tingkat kandungan gula padat pada buah tersebut menggunakan alat bernama refractometer. Jadi apabila buah tersebut semakin manis, maka bilai kadar gula (brix) akan semakin tinggi.

Berikut buah-buah yang disarankan bagi penderita diabetes yang dilengkapi dengan nilai brix-nya;

Apel

Buah ini termasuk ke dalam salah satu jenis buah untuk diabetes melitus. Hal ini tentu saja karena kandungan gula dalam apel sangat rendah, dengan brix sebesar 12, sehingga apabila dikonsumsi rutin pun tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Selain itu, perlu diketahui bahwa apel mengandung zat quersetin yang dapat mengurangi resiko kematian akibat penyakit gula darah dan penyakit jantung. Inilah kemudian yang menjadikan alasan mengapa kemudian apel termasuk ke dalam kategori buah untuk diabet.

Jeruk

Jeruk merupakan penghasil vitamin C. Selain itu jeruk juga dianggap sebagai salah satu antioksidan paling efektif dalam menangkal serangan radikal bebas. Kandungan gula pada buah ini pun tergolong rendah, kurang lebih nilai brixnya adalah 12, sehingga apabila buah ini dikonsumsi secara teratur tidak akan menyebabkan lonjakan pada gula darah penderita kencing manis.

Melon

Sama halnya dengan semangka, melon memiliki kandungan vitamin B dan C serta betakaroten, kalium dan likopen. Dengan memiliki kebiasaan mengkonsumsi sepotong melon setiap hari, maka Anda akan mendapatkan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh sehari-hari. Banyaknya kadar gula pada buah ini telah diukur dengan refractometer dan menunjukan angka 11 pada brix.

Kiwi

Kiwi merupakan sumber yang sehat. Kandungan kalium, serat, dan vitamin C yang tinggi pada buah ini mampu menjaga karbohidrat yang terkandung pada buah ini rendah sehingga baik untuk penderita diabetes. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah ini sebanyak 1 buah untuk menjaga kesehatan Anda, karena tingkat kemanisan pada buah ini mencapai brix 13.

Pepaya

Biarpun rasanya manis, ternyata tingkat kadar gula pada buah ini hanya 11. Sehingga membuat pepaya menjadi buah yang dapat menggantikan buah lain yang kadar gulanya terlalu tinggi. Penderita deabetes dapat mengkonsumsi tiga porsi buah pepaya sehari-hari dan jgn takut akan masalah penyakitnya. Buah ini selain mengandung antioksidan alami juga mengandung berbagai vitamin untuk ketahanan tubuh seperti vit A, C dan B.

Pir

Buah ini kaya akan kalium, serat, dan rendah karbohidrat. Para ahli berpendapat buah pir harus menjadi bagian dari menu makanan penderita diabetes sehari-hari. Apalagi jika dilihat dari tingkat kadar gulanya tidak jauh berbeda dengan buah Pepaya, yakni hanya pada brix 11.

Guava Crystal

Buah ini dapat mengendalikan kadar gula darah bagi penderita diabetes melitus. Cara mengkonsumsinya pun dapat bermacam2, dijadikan jus atau pun dipotong-potong lalu dijadikan cemilan ketika beraktivitas pun tidak akan menjadi masalah. Pasalanya kadar gula pada buah ini termasuk yang paling rendah, yakni sekitar 9.

Dari banyaknya buah-buahan yang direkomendasikan sebagai hidangan makan penderita diabetes, bukan berarti semua buah-buahan dapat dikonsumsi secara bebas. Kembali lagi kepada tingkat kadar gula pada buah tersebut. semakin tinggi tingkat kadar gula, maka semakin tidak direkomendasikan buah tersebut untuk dikonsumsi sesering mungkin.

Seperti buah Pisang, Anggur, dan Nanas. Ketiga buah tersebut memiliki kadar gula padat pada buah cukup tinggi. Untuk pisang sendiri saja terhitung brix 22, dan anggur berada diangka 18, sedangkan Nanas sebesar 22. Buah yang baik untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes, umumnya yang memiliki tingkat kadar gula/ brix dibawah 15.