Ada beberapa anggapan yang mengatakan bahwa pisang dapat membuat Anda gemuk. Apakah itu benar? Ketika sedang diet, Anda disarankan untuk “mengecualikan” makanan tertentu dan pisang biasanya masuk dalam kategori tersebut. Buah pisang sendiri bermanfaat bagi tubuh karena dapat membantu mengatasi sakit maag, menyediakan energi instan, obat sembelit, mabuk, serta membantu mengontrol tekanan darah dan stres.

Nah, jika buah pisang mengandung begitu banyak nutrisi bagi tubuh, maka kenapa pisang dapat membuat Anda gemuk?

Mengkonsumsi pisang terlalu banyak setiap hari memang dapat membuat Anda menambah berat badan. Oleh sebab itu, jika Anda gemar mengkonsumsi buah yang bentuknya bisa dimakan keseluruhan ini, Anda wajib membatasinya. Disarankan sebaiknya Anda mengkonsumsi dua buah pisang dalam sehari untuk menjaga badan Anda tetap fit dan sehat.

Jangan makan lebih dari tiga buah pisang jika Anda ingin mendapatkan energi instan karena glikogen yang dihasilkan setelah makan pisang akan disimpan di dalam hati sehingga berubah menjadi lemak tubuh. Pisang memang termasuk buah yang bebas lemak, tapi kadar gula yang dikandungnya cukup tinggi sehingga dapat membuat berat badan Anda bertambah.

Buah pisang berukuran sedang mengandung 75% kalori yang dapat membuat berat badan bertambah. Berdasarkan jumlah gula yang dikandungnya, pisang juga sebenarnya disarankan untuk dimakan setiap pagi sebagai menu sarapan untuk meningkatkan energi dalam tubuh.

Pisang dapat membuat Anda gemuk jika Anda tidak berolahraga. Terjadinya timbunan lemak akan lebih mudah karena kandungan kalori pisang cukup tinggi. Nah, oleh sebab itu, jika Anda makan pisang ada baiknya langsung ditindaklanjuti dengan 15 menit berjalan kaki untuk membakar lemak yang dibawa pisang tersebut.

Untuk menghindari kenaikan berat badan karena terlalu banyak mengkonsumsi buah pisang, ada baiknya Anda mengurangi asupan gula dari buah-buahan lain secara teratur. Jika Anda tetap ingin makan pisang, sebaiknya konsumsi dua buah pisang di pagi hari dengan susu untuk membakar kalori.

Ada baiknya juga Anda menyertakan dua porsi pisang dan 4-5 porsi sayuran dalam diet sehari-hari Anda. Olahraga secara teratur untuk membakar kalori dan lemak yang berlebih. Orang dengan penyakit diabetes sebaiknya menghindari mengkonsumsi buah pisang.

So, faktanya kandungan gula yang ada di dalam buah pisang memang dapat membuat berat badan bertambah. Tapi, hal itu tidak akan terjadi jika Anda membatasi mengkonsumsi buah ini dan olahraga secara teratur.

Untuk informasi konsumen, Sunpride sendiri memiliki varian produk pisang sebanyak 7 buah:

  1. Pisang Cavendish, Daging buah dari pisang ini putih kekuningan, rasanya manis agak asam, dan lunak. Kulit buah agak tebal berwarna hijau kekuningan sampai kuning dengan permukaan halus.
  2. Pisang Mas,  memiliki bentuk kecil dengan aroma harum dan rasa yang lebih manis. Tidak hanya mengandalkan rasa yang manis, pisang ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dari kandungan mineral dan vitaminnya yang tinggi.
  3. Pisang Tanduk, Keistimewaan pisang ini ialah bentuk buahnya yang besar panjang dan melengkung seperti tanduk. Panjangnya dapat mencapai 30 cm. Pisang ini tidak seperti jenis lainnya, produksi buahnya sangat sedikit. Satu pohon hanya menghasilkan tiga sisir, rata-rata tiap sisirnya terdiri dari 10 buah.
  4. Pisang Raja Bulu, Pisang ini merupakan salah satu jenis pisang raja yang ukurannya sedang dan gemuk. Bentuk buahnya melengkung dengan pangkal buah agak bulat.
  5. Pisang Ambon biasa dikenal dengan pisang hijau mengandung senyawa yang disebut asam lemak rantai pendek, yang memelihara lapisan sel jaringan dari usus kecil, secara dramatis meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi.
  6. Pisang Kepok, Pisang ini bermanfaat untuk orang dengan masalah sembelit, sakit maag, ataupun diare
  7. Pisang Barangan ,  Sebagai varietas unggul dari Sumatera Utara, gizi yang tekandung didalam nya mencukupi kebutuhan gizi untuk tubuh dalam 100 gram nya yaitu Energi 110 kal, Karbohidrat 25,8 gr, Protein 1,2 gr dan Vitamin C 3 gr